• Berita Terbaru

    April 14, 2016

    Elnusanews April 14, 2016

    Banyak Turis Asing, Sumolang Pertanyakan Kinerja Kesbangpol


    DEPROV, Elnusanews - Dalam pembahasan LKPJ Gubernur Sulawesi Utara (SULUT), antara Panitia Khusus (PANSUS) LKPJ dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KESBANGPOL) provinsi Sulut, Kamis (14/6/16) pagi. Anggota Pansus Danny Sumolang mempertanyakan program kerja yang berhubungan dengan pemantauan kegiatan orang asing ini apakah berhubungan dengan touris atau pekerja asing.

    Menurutnya sampai dengan hari ini, kedatangan orang asing khususnya warga tiongkok yang ada di Sulut sudah cukup banyak. Ada yang masuk lewat visa turis dan berdiam sampai menjadi tukang pijat.

    "Ini penting, karena ini berhubungan dengan kinerja Kesbangpol bahwa sudah mulai kelihatan ada yang membawa barang dari luar dan diperdagangkan di daerah ini," tukasnya.

    Sumolang juga mengatakan bahwa ini menjadi persoalan pemerintah daerah untuk mengetahui apakah mereka memakai visa turis yang pada prakteknya sebagai seorang yang bekerja, atau bahkan sudah menetap dan melewati visa.

    "Karena mereka tahu dari pemerintah sampai masyarakat sangat welcoming dengan semua orang sehingga tidak ada yang dicurigai," ujarnya.

    "Jangan sampai hal semacam ini mengganggu kinerja atau hal-hal yang berhubungan dengan promosi jabatan dari kepala Kesbangpol sendiri," tambahnya.

    Menanggapi hal tersebut, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik provinsi Sulut, Edwin Silangen mengatakan bahwa sudah menjadi tanggung jawab Kesbangpol untuk melakukan koordinasi terhadap orang asing yang ada di Sulut.

    "Karena sesuai dengan keputusan Gubernur Sulut bahwa ditingkat provinsi dibentuk tim pemantauan orang asing yang terdiri dari sejumlah instansi terkait yang ada di Sulut sesuai tugas dan fungsinya," ungkap Silangen.

    Mantan Kaban BLH ini juga menjelaskan bahwa hal yang pertama dimonitor adalah ketika orang asing akan masuk, apakah dia melanggar ketentuan atau tidak.

    "Kalau dia menggunakan visa maka ini menjadi tugas dari keimigrasian Sulut, dari imigrasi akan menyampaikan laporan kepada kita. Apa ini dengan visa turis atau visa kerja, itu juga akan dilaporkan," jelasnya.

    Silangen juga mengatakan bahwa dari pemantauan yang dilakukan memang ada sejumlah orang asing yang kemudian oleh imigrasi dilakukan tindakan preventiv.

    "Jadi mereka yang menyalahgunakan visa ini, langsung di tahan sementara ataupun dideportasi ke negara asalnya," pungkasnya. (RaKa)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Banyak Turis Asing, Sumolang Pertanyakan Kinerja Kesbangpol Rating: 5 Reviewed By: Elnusanews
    Scroll to Top