• Berita Terbaru

    July 26, 2016

    elnusanews/com , July 26, 2016

    Pemprov Lauching Kelompok Peduli Sahabat Anak

    SULUT,Elnusanews - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melalui Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  (BP3A) bekerja sama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI menggelar kampanye mari bersama lindungi anak "BERLIAN" dan Lauching kelompok sahabat anak di sekolah-sekolah di tingkat Provinsi Sulawesi Utara tepat di hotel Peninsula Manado, Selasa (26/7/2016).

    Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Siswa Rahmat Mokodongan mengatakan pemerintahan Provinsi sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI yang telah mengalokasi kegiatan ini di Sulawesi Utara.

    Lanjut Sekprov menyebutkan sesuai undang-undang nokor 35 tahun 2014 tentang perubahan atas undang-undang nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak, mengamanatkan bahwa hak mencakup hak hidup, tumbuh berkembang dan berpartisipasi dalam berbagai aspek kehidupan serta mendapat perlindungan dari berbagai tindak kekerasan, perdagangan anak, eksploitasi serta diskriminasi.

    Namun meskipun telah ditetapkan didalam undang-undang kualitas hidup dan lindungan khusus anak masih membutuhkan perhatian khusus, anak masih membutuhkan perhatian yang besar," ungkap Sekprov.

    Sekprov menyebutkan berdasarkan data angka prevalensi kekerasan terhadap anak di sulut, sejak tahun 2013 kasus kekerasan terhadap anak tercatat sebanyak 343 kasus, 2014 meningkat menjadi 345 kasus, tahun 2015 meningkat lagi menjadi 396 kasus ini sangat memprihatikan sehingga sangat berdampak terhadap tumbuh kembang anak.

    "Untuk itu saya meminta partisipasi masyarakat yang ada di kabupaten kota untuk saling berkoordinasi bilamana terjadi kekerasan terhadap anak. Dan segera melapor jika ditemukan kasus kekerasan terhadap anak," ujar Mokodongan.

    Sementara itu, Kaban BP3A Sulut, Ir Erny Tumundo mengatakan tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini dalam upaya mencegah kekerasan terhadap anak.

    Sesuai Undang-Undang nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas UU Nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak, mengamanatkan bahwa hak mencakup hak hidup, tumbuh berkembang dan berpartisipasi dalam berbagai aspek kehidupan serta mendapat perlindungan dari berbagai tindak kekerasan, perdagangan anak, eksploitasi serta diskriminasi.

    Dalam kegiatan lounching Kelompok Peduli Sahabat Anak di sekolah-sekolah tingkat Provinsi Sulut sekaligus kampanye Bersama Lindungi Anak (BERLIAN) pada Selasa (26/07) pagi tadi, sambutan Gubernur Sulut, Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur, Steven Kandouw yang disampaikan Sekertaris provinsi (Sekprov) Sulut, Siswa R Mokodongan mengatakan meskipun telah ditetapkan didalam UU kualitas hidup dan perlindungan khusus anak masih membutuhkan perhatian, khusus anak masih membutuhkan perhatian yang besar.

    Disebutkannya berdasarkan data angka prevalensi kekerasan terhadap anak di sulut, sejak tahun 2013 kasus kekerasan terhadap anak tercatat sebanyak 343 kasus.

    “Untuk tahun 2014 meningkat menjadi 345 kasus, tahun 2015 meningkat lagi menjadi 396 kasus ini sangat memprihatikan sehingga sangat berdampak terhadap tumbuh kembang anak,”terangnya.

    Kegiatan yang dimotori oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KP3A) bersama Badan P3A Provinsi Sulut itu, oleh Kepala BP3A, Erni Tumundo mengatakan kegiatan ini nantinya untuk kelompok-kelompok akan disuport  disekolah-sekolah di Kabupaten Kota.

    “Untuk anggarannya nanti di Kabupaten Kota akan kami bekerjasama dengan BP3A di Kabupaten Kota. Yang terpenting kita bisa mengantisipasi dulu saat ini. Bukan dikatakan darurat, namun ini hanya bentuk antisipasi untuk kondisi kekerasan terhadap anak di Sulut. Kedepan akan kami pacu lagi, karena pada hari ini baru lonching,”ujar Tumundo kepada wartawan.

    Turut hadir Deputi Perlindungan Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Valentin Ginting, serta para anak-anak disejumlah sekolah di Sulut.

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pemprov Lauching Kelompok Peduli Sahabat Anak Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top