• Berita Terbaru

    February 09, 2020

    elnusanews/com , February 09, 2020

    ODSK Minta Stakeholder Pariwisata Promosikan Wisata Alam Modoinding dan Danau Moat


    Wagub Steven Kandouw :

    "Pemerintah Pusat akan Beri Diskon 50 Persen Tiket Pesawat dari Semua Rute ke Manado"

    Wagub Sulut Steven Kandouw Ketika Di Wawancara Awao Media.
    SULUT,Elnusanews - Salam Pesona Indonesia! Ada yg menarik dalam acara ODSK melaunching paket wisata alam di kawasan perkebunan Modoinding, Kabupaten Minahasa Selatan dan Danau Mooat di Kabupaten Bolmong Timur. Yah, dalam acara yang dilakukan Wagub Bapak Steven Kandouw itu, setidaknya terungkap dua hal menarik.

    Pertama. Meski terlihat paket wisata di dua lokasi tersebut, yakni tracking dan hiking, belum representatif karena infrastruktur yang disediakan belum memadai, namun Wagub Steven Kandouw mengaku antusias potensi yang dimiliki Modoinding dan Mooat.
    "Ini harus jadi kluster pengembangan wisata yang Bersinerji. Artinya, paket wisata alam di sini cantik dan harus dijual bersama. Yaitu, turis harus diajak tinggal sehari dua hari penuh untuk menikmati alam pegunungan di modoinding dan danau di sini," tegas Wagub Kandouw.

    Wagub melanjutkan bahwa dia akan meminta Kadis Pariwisata Provinsi Henry Kaitjily segera menyiapkan sinerjitas paket wisata dengan asosiasi industri pariwisata.

    Wagub sendiri
    dalam dua kegiatan terpisah di dua lokasi itu didampingi Staf Khusus Gubernur Sulut Bidang Pariwisata Dino Gobel dan
    Wakil Bupati Minahasa Selatan Frangky Wowor dan Wakil Ketua DPRD Minsel Steven Lumowa.

    Dan, saat berada di Mooat, Wagub diterima sekaligus didampingi langsung Kadis Pariwisata Boltim Rizky Lamaluta. Turut menyertai Lamaluta, secara kompak hadir para Kadis Pariwisata se Bolmong Raya, yakni Kadispar Bolmut Ibu Fatlun, Kadispar Bolmong Ibu Ulfa, Kadispar Kotamobagu Ibu Anji dan Kadispar Bolsel Bapak Yayuk Kadulah yang diwakili Sekdis dan tim.

    Antusiasme Wagub Steven Kandouw terlihat sejak mulai tiba di Modoinding. Beberapa kali pendamping setia Gubernur Bapak Olly Dondokambey ini berhenti di beberapa spot kawasan itu untuk berdialog dengan masyarakat setempat.

    "Saya akan minta bantuan kawan kawan travel Agent dan Guide wisata yang tergabung dalam ASITA. ASPPI dan HPI bahkan perhotelan, untuk ikut jualan paket wisata alam ke Modoinding dan Mooat," tegasnya.

    Di sisi lain, Wagub menyorot Dispar Minsel yang dinilai kurang memberikan perhatian pengelolaan wisata di Modoinding. Padahal alam Modoinding, wow sangat cantik, ujar mantan Ketua DPRD Sulut ini.

     "Semua daerah berbenah obyek wisatanya sejak Pak Gubernur membuka sektor pariwisata di Sulut. Harusnya Modoinding yang cantik ini ikut dibenahi dan diberi perhatian. Nyatanya? Lihat saja obyek wisata di sini, mulai rusak," kritik Wagub saat berada di sebuah obyek wisata Modoinding yang beberapa fasilitas pendukungnya mulai rusak. Sebab itu Wagub berharap agar Wabup Minsel Frangky Wongkar dan Wakil DPRD Minsel Steven Lumowa bisa mengantisipasi itu.

    HARGA TIKET TURUN
    Dan hal menarik Kedua yg terungkap dari kunjungan ini. Saat di akhir acara saat berada di Danau Mooat, jelang malam. Wagub Steven Kandouw mengungkapkan perjuangan dan komitmen Pak Gubernur Olly Dondokambey yang terus menerus berjuang untuk kesejahteraan rakyat. Misalnya saja, pasca sektor pariwisata Sulut ikut terdampak isu virus korona.

    "Pak Gubernur melobi pemerintah pusat untuk mencari cara agar pariwisata Sulut yang anjlok karena kunjungan turis China dihentikan sementara, tidak anjlok jauh. Sebab saat ini Pak Gubernur akan fokus menggarap turis Nusantara ke Sulut," ujar suami tercinta dari Ibu Dr Devi Kandouw-Tanos MARS ini.

    Hasil lobi Pak Gubernur? Luarbiasa. Kata Wagub dalam dialog lanjutan di areal danau Mooat, "pemerintah pusat melalui pengumuman Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam jumpa pers di Istana Negara Jakarta, Kamis 6/2 lalu, mengumumkan kabar bagus. Yaitu, mulai pekan depan, tarif tiket pesawat dari semua jurusan ke Manado akan diberi diskon hingga 50 persen," kata Wagub mengutip pernyataan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Selain Manado, Bali dan Bintan juga ikut diberikan insentif pemerintah seperti itu. "Bali diskon 25 persen. Bintan 15 persen," jelas Wagub.

    Karena itu, Wagub menyampaikan pesan Pak Gubernur Olly, agar semua masyarakat di Sulut bersama kita terus mendoakan agar sektor pariwisata khususnya, akan terus maju dan bermanfaat bagi semua daerah. "Minsel dan Bolmong Raya akan terus dikembangkan oleh Pak Gubernur dan saya dengan bersinerji bersama Pemkab Kabupaten dan Kota," kata Wagub.

    Di akhir pertemuan, diadakan dialog santai Wagub degan para Kadis Pariwisata se BOlmong Raya. Acara yang dipandu Sekdis Boltim Ibu Susan Emor itu memperihatkan antusiasme para Kadis terhadap kunjungan Wagub saat itu.

     "Pariwisata Kab Bolmong sangat gembira perhatian Pak Gubernur melalui kunjungan Pak Wagub," kata Ibu Ulfa Paputungan Kadis par Bolmong.

    Wagub sendiri memberikan apresiasi pembangunan pariwisata di Boltim yang kreatif yang dipimpin Kadis Pariwiata Rizky Lamaluta. Karena semakin menghadirkan banyak obyek wisata buatan termasuk di tepian Mooat. Wagub berpesan agar tetap menjaga kebersihan dan kelestarian alam Mooat. "Terutama ingat pesan Pak Gubernur, pariwisata harus dinikmati rakyat. Masyarakat dan bermanfaat bagi daerah," pesannya.

    Maju terus pariwisata Sulut. Bravo pariwisata Bolmong Raya dan Minsel.

    #SulutHebat
    #ODSK

    (***/ROKER)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: ODSK Minta Stakeholder Pariwisata Promosikan Wisata Alam Modoinding dan Danau Moat Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top