• Berita Terbaru

    February 29, 2020

    elnusanews/com , , February 29, 2020

    Rakornas UKPBJ, Praseno Hadi Beberkan Keberhasilan UKPBJ Sulut


    Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Sulut, Praseno Hadi, Saat Bawakan Materi di Rakornas UKPBJ Tingkat Provinsi.


    BALI,Elnusanews - Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) UKPBJ Tingkat Provinsi, tepatnya di Trans Resort Bali, 27-28 Februari 2020. Rakornas tersebut di hadiri oleh Sekretaris Daerah, UKPBJ/Biro, BkD dan Biro Organisasi Pemerintah se Indonesia.
    Kegiatan ini dilaksanakan  sebagai implementasi dari Perpres 54 tahun 2018 tentang Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) untuk mendorong UKPBJ sebagai Pusat Keunggulan Pengadaan Barang/Jasa dengan salah satu syarat nya adalah UKPBJ dengan kematangan level 3/proaktif maksimal pada tahun 2020.
    Kegiatan Rakornas UKPBJ Pemerintah Provinsi dibuka langsung oleh Kepala LKPP Ronny Dwi Susanto.

    Dalam sambutannya ia mengharapkan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah harus mampu meningkatkan kualitas layanan publik serta meningkatkan perekonomian nasional dan daerah.

    "Melalui Rakornas ini juga LKPP ingin mempercepat pencapaian tingkat kematangan UKPBJ pada level 3 proaktif," ungkapnya.

    Sementara Deputi Bidang Pengembangan dan Pembinaan Sumber Daya Manusia LKPP Rabin Asad Suryo mengingatkan, pengadaan barang dan jasa belum profesional sangat berbahaya sehingga bagaimana caranya pengadaan diawasi dan terjaga.

    Pembicara lainnya Makmur Marbun selaku Direktur Fasilitas Kelembagaan dan Kepegawaian Perangkat Daerah, menyatakan implementasi UKPBJ di daerah masih belum optimal.

    "Khusus penghapusan LKPP excelen 4 & 3  pengadaan pedangan dan jasa diharapkan biar permanen," imbuhnya.

    Sementara itu, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sendiri sebagai UKPBJ yang telah mencapai tingkat kematangan level 3/proaktif juga dimintakan oleh LKPP sebagai Narasumber dengan Materi Sharing Season Kunci Keberhasilan UKPBJ Provinsi Sulawesi Utara dalam mencapai tingkat kematangan level 3 proaktif dan materi dibawakan langsung oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Sulut, Praseno Hadi.

    Secara garis besar disampaikan bahwa kunci keberhasilan dalam pemenuhan kematangan level 3 proaktif UKPBJ Prov Sulut.

    "Karena adanya Komitmen Pimpinan dalam hal ini Gubernur dan Wagub (OD-SK) dalam mensupport Biro Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Utara yang dipimpin oleh Kepala Biro Jemmy Ringkuangan, AP, M.Si sehingga pada tahun 2019 lalu UKPBJ Prov Sulut sudah memenuhi Stranas PK tingkat kematangan UKPBJ level 3 proaktif yang targetnya sampai tahun 2020," bebernya.

    Lanjutnya, hal ini menandakan UKPBJ Prov Sulut sangat aktif dalam mendukung program pemerintah pusat.

    "Dan kedepannya UKPBJ Provinsi Sulut dapat membantu UKPBJ Kabupaten/Kota yang ada untuk menjadikan UKPBJ sebagai Pusat Keunggulan Pengadaan sehingga terwujud pengadaan yang kredibel, profesional, efektif dan efisien," tutur Praseno Hadi.

    Kegiatan ini menghadirkan Narasumber dari Kementerian Dalam Negeri yang dibawakan oleh Direktur Fasilitasi Kelembagaan dan Kepegawaian Perangkat Daerah, Koordinator Sekretariat Stranas PK, Deputi Pencegahan KPK, serta Deputi Pengembangan Profesi dan Kelembagaan LKPP.



    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Rakornas UKPBJ, Praseno Hadi Beberkan Keberhasilan UKPBJ Sulut Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top