• Berita Terbaru

    February 11, 2020

    elnusanews/com , February 11, 2020

    Gubernur Olly Panen Jagung dan Beri Bantuan KUR Kepada Petani

    SULUT,Elnusanews - Dalam rangka mengoptimal program operasi daerah selesaikan kemiskinan (ODSK) Dinas Pertanian dan Peternakan Daerah Provinsi Sulut menggelar Gerakan Panen Jagung bersama petani/kelompok tani dan pemerintah, Selasa (11/2/2020) tepatnya di Kabupaten Minahasa Utara (Minut).
    Gerakan Panen Jagung ini merupakan program OD-SK disektor Pertanian dan Peternakan dalam upaya mensejahterahkan masyarakat bumi nyiur melambai Sulawesi Utara (Sulut).

    Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam sambutannya mengatakan program pemerintah pusat melalui Kementan RI ini sudah terbukti dan bisa dirasakan masyarakat lebih khusus petani pertanian.

    "Karena pada tahun 2019, pemerintah pusat telah memberikan bantuan untuk program jagung itu ada sekitar 30 ribu hektar. Keberhasilan ini kita mendapatkan kanaikan bantuan lagi pada tahun 2020 ini sekitar 50 ribu hektar untuk perluasan tanaman  jagung di bumi nyiur melambai sulut," kata Gubernur Olly.

    Sembarinya mengatakan kita harus bersyukur karena kita sudah bisa membuat bibit lokal sendiri. "Di tahun 2020 dan seterusnya sudah bisa rasakan secara langsung oleh petani pertanian,” tutur Olly Dondokambey.

    Seperti diketahui, Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) semenjak memimpin Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memasang target agar bisa memproduksi 1 juta ton jagung. Dinas Pertanian dan Petenakan (Distanak) Sulut pun memenuhi target tersebut.

    “Puji Tuhan atas dorongan pak gubernur torang capai produksi empat tahun capai sebagaimana ditargetkan. Tembus 1,2 juta ton untuk memenhui kebutuhan lokal dan antarprovinsi,” terang Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Sulut Novly Wowiling saat bawakan sambutannya.

    Adapun program penanaman Jagung di lahan ini merupakan kerja sama dinas pertanian dan peternakan dengan balai pengkajian teknologi pertanian.
    “Untuk lahan di sini yang ditanam adalah Jagung varitas lokal yang dihasilkan anak bangsa,” ungkap Wowiling.

    Pada kesempatan itu pula orang nomor satu (1) Sulut tersebut memberikan bantuan kepada kelompok tani di kabupaten Minahasa Utara berupa mesin alat pertanian seperti backpack brushcutter, knapsack sprayer, alat tanam jagung, corn sheller, bantuan benih jagung dan bantuan sapi serta menyerahkan bantuan KUR dari pihak perbankan.

    Turut hadir, Anggota DPRD Sulut, Wenny Lumentut, Ketua DPRD Minut, Denny Lolong, Kepala BPTP Sulut, Yusuf, Kadistanak Sulut, Novly Wowiling, KTNA, Dekan Fakultas Pertanian, Dekan Fakultas Peternakan, Jajaran Distanak, Pemkab Minut, pihak Perbankan.

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Gubernur Olly Panen Jagung dan Beri Bantuan KUR Kepada Petani Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top