• Berita Terbaru

    February 18, 2020

    elnusanews/com February 18, 2020

    Sosialisasi Produk Hukum Pengawasan Pemilihan Kepala Daerah Sukses Digelar di Sutanraja

    MINUT, Elnusanews-- Minahasa Utara, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Utara selama tiga hari berturut - turut menggelar bimbingan tekhnis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) kepada seluruh Panwascam Minut yang bertempat di Hotel Sutan Raja Maumbi Airmadidi.

    Memasuki hari kedua pelaksanaan kegiatan Bimtek tersebut pada Selasa (18/2/2020) pihak Bawaslu Minut telah menghadirkan pembawa materi dari Bawaslu RI khusus Divisi Hukum, Fritz Edward Siregar, SH, LL.M PhD.
    Salah satu Komisioner Bawaslu RI , Fritz Edward Siregar, SH, LL.M PhD mengatakan untuk menguatkan pengawasan, maka perlu ada pengawas tingkat kecamatan (Panwascam) sampai pada pengawas tingkat TPS.

    Menurut Siregar Panwascam maupun pengawas di TPS adalah ujung tombak pengawasan dari Bawaslu Minut.

    Peserta Bimtek Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) seluruh Panwascam Minut.
    Siregar mengatakan Bawaslu perlu melakukan bimbingan teknis (bimtek) secara maksimal  kepada pengawas Ad Hoc. Bila sebelumnya bimtek dilakukan dua kali, bisa ditingkatkan menjadi tiga kali.

    "Jadi betul-betul dia (pengawas Ad hoc) paham akan tugasnya. Mulai sekarang penyusunan perencanaan anggaran agar lebih matang," ujar Siregar.

    Sementara itu untuk menyambut Pilkada Serentak 2020 yang demokratis dan konstitusional, Bawaslu mengajak seluruh masyarakat yang ada di Sulawesi Utara untuk dapat mengunduh Gowaslu.

    Baca Juga :
    Berikut 11 Syarat Untuk Daftar Jadi Pengawas Pemilu Tingkat Kelurahan Atau Desa Pada Pilkada Sulut 2020

    Gowaslu yang telah diluncurkan Bawaslu sejak Agustus 2016 lalu merupakan aplikasi laporan pelanggaran Pilkada berbasis teknologi informasi (TI) untuk memudahkan masyarakat dalam mengirimkan laporan dugaan pelanggaran yang ditemukan dalam proses pelaksanaan pilkada.

    Siregar mengatakan dalam aplikasi Gowaslu sistem online dalam memeriksa adanya laporan masuk dan tindak lanjut yang dilakukan. Hal tersebut menurutnya sekaligus membuktikan bahwa Bawaslu selalu ada mengawasi dalam setiap proses Pilkada Serentak 2020," ujar Siregar.

    "Jadi masyarakat saat ini bisa dengan mudah melaporkan adanya temuan pelanggaran ditiap tahapan Pilkada," kata Siregar

    Siregar berharap masyarakat dapat turut berpartisipasi dalam pengawasan yang berbasis IT ini. Sebab di era teknologi seperti sekarang ini siapapun  sangat erat dengan teknologi informasi.

    "Hanya dengan mendownload (mengunduh) aplikasi Gowaslu, masyarakat sudah bisa terlibat dalam pengawasan partisipatif," ungkap Siregar.

    Sementara itu salah satu Komisioner Bawaslu RI  Frits Edward Siregar menjadi pembicara Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM)  Panwascam se- Minut yang digelar di Hotel Sutan Raja Maumbi Airmadidi. (Tommy)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sosialisasi Produk Hukum Pengawasan Pemilihan Kepala Daerah Sukses Digelar di Sutanraja Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top