• Berita Terbaru

    February 20, 2020

    elnusanews/com , , February 20, 2020

    Wamendag Pertanyakan Diskriminasi UE terhadap Sawit Indonesia di Forum WTO

    Swiss, elnusanews - Konsultasi adalah langkah pertama penyelesaian sengketa perdagangan di WTO. Sebagaimana diketahui Indonesia menggugat diskriminasi yang terus dilakukan Uni Eropa atas produk kelapa sawit.

    Dipimpin langsung oleh Wamendag Jerry Sambuaga, delegasi Indonesia melakukan konsultasi gugatan diskriminasi sawit Indonesia oleh Uni Eropa di WTO Swiss, Kamis 20/02/2020.
    "Pesan kita jelas pada Uni Eropa bahwa mereka harus konsisten dengan retorika mereka dalam hal perdagangan internasional. Diskriminasi sawit jelas melanggar prinsip-prinsip perdagangan yang telah diatur dalam WTO," kata Jerry.

    Konsultasi sendiri berjalan dengan dinamis dan intensif dimana Indonesia mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan keberatan-keberatannya. Pada kesempatan forum konasultasi ini, kedua pihak baik Indonesia dan Uni Eropa menyampaikan pandangan masing-masing.

    "Kita sudah menyampaikan semua keberatan kita hari ini melalui forum konsultasi WTO ini. Prinsipnya Indonesia berhasil menekankan kepentingan kita. Dan dalam closing statementnya, Uni Eropa juga menghormati pandangan Indonesia."
    Jerry juga menambahkan, "Perbedaan pandangan antara Indonesia dan Uni Eropa wajar terjadi. Kita tetap bersahabat dengan mereka. Bahkan langkah kita menggugat diskriminasi sawit itu dilakukan agar kepentingan kedua pihak terwadahi. Jika kasus ini selesai, pengusaha dari Indonesia maupun Uni Eropa bisa melakukan aktivitas perdagangannya dengan lebih baik," ujar Jerry.

    Kelapa sawit Indonesia mendapatkan hambatan di pasar Uni Eropa karena dianggap tidak ramah lingkungan.

    Indonesia sendiri sudah mempunyai kerangka sistematis untuk menuju industri sawit yang ramah lingkungan. Indonesia akan mengefektifkan implementasi Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO) dan Roundtable Sustainable Palm Oil (RSPO).

    "Jadi sebenarnya Uni Eropa tidak perlu menghambat produk kelapa sawit Indonesia. Indonesia jelas punya komitmen terhadap lingkungan. Seharusnya Uni Eropa mendukung implementasi sawit baik agar makin efektif pelaksanaannya," tutup Jerry. (ch)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Wamendag Pertanyakan Diskriminasi UE terhadap Sawit Indonesia di Forum WTO Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top