• Berita Terbaru

    February 29, 2020

    elnusanews/com February 29, 2020

    Bertekad Mewujudkan Penyelanggara Pilkada Berintegritas, Bawaslu Sulut Gelar Sosialisasi



    MANADO,Elnusanews -- Guna memberikan informasi ke publik khususnya masyarakat Sulut tentang tugas kewenangan pengawas Pemilu AD HOC menghadapi Pilkada tahun 2020 ini, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulut menggelar kegiatan sosialisasi tugas dan kewenangan pengawas Pemilu AD HOC, sabtu (29/2/2020) di Sutan Raja Hotel Minut.

    Kegiatan ini pun di buka langsung oleh ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda SH.

    Dikatakan Herwyn, Panitia pengawas (panwas) Ad hoc (sementara) untuk Pilkada Serentak 2020 diminta untuk meningkatkan kualitas. Baik yang telah menjadi panwas Ad hoc pada Pemilu 2019 maupun yang baru pertama melaksanakan tugas. 

    "Karenanya, perlu peningkatan pemahaman lewat pelatihan dan bimbingan teknis (bimtek). Demikian kesimpulan kegiatan sosialisasi tersebut," kata Herwyn.

    Dalam kegiatan tersebut, Herwyn memberikan apresiasi terhadap kinerja panwas Ad hoc pada Pemilu 2019. Menurutnya, rekrutmen Panwas Ad hoc menjadi langkah penting karena proses ini akan menentukan kualitas kerja Pilkada Serentak 2020. 

    “Jika yang terpilih sudah memiliki pemahaman dan integritas yang baik, hal itu akan sangat membantu pelaksanaan tugas-tugas pengawasan,” jelasnya.

    Tak lupa juga Herwyn mengingatkan, perlunya peningkatan pemahaman pengawas Ad hoc yang baru terpilih nantinya dengan memberikan bimtek yang setidaknya dilakukan dua kali. 

    “Bimtek pertama dilakukan saat pelantikan dan bimtek kedua dilaksanakan mendekati hari tenang. Hal itu penting untuk memastikan pengawas Ad hoc benar-benar memahami tugas, wewenang, dan kewajibannya sebagai bekal saat melaksanakan tugas,” jelasnya.

    Dirinya juga menambahkan bahwa Bawaslu hingga tingkat kabupaten/kota bisa meningkatkan kompetensi pegawas Ad hoc. Karena itu, Malonda berkeyakinan, perlu memberikan pemahaman yang cukup dengan menggunakan media yang tepat. 

    “Bawaslu juga harus menggunakan teknologi dalam menjalankan tugasnya,” tukasnya.

    Hadir dalam kegiatan sosialisasi ini para wartawan liputan Provinsi dan beberapa Panwas kabupaten/kota. (RaKa)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bertekad Mewujudkan Penyelanggara Pilkada Berintegritas, Bawaslu Sulut Gelar Sosialisasi Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top