• Berita Terbaru

    February 27, 2020

    elnusanews/com , February 27, 2020

    Investasi Rp 30 T, OD-SK Dorong Percepatan Kawasan Industri (KIMONG) di BMR

    SULUT,Elnusanews - Pemerintah Provinsi melalui Gubernur Olly dan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw menargetkan, rencana induk (masterplan) pengembangan Kawasan Industri Mongondouw (KIMONG) di daerah Bolaang Mongondouw (Bolmong) bisa diselesaikan pada 2020.

    "Saat ini, kami sedang persiapkan semuanya. Prosesnya terus berjalan. Kami targetkan tahun ini semua masterplan itu sudah selesai," ujar Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Daerah Sulut, Frangky Manumpil, Kamis (27/2/2020) kepada elnusanews.com.

    Lanjutnya, adapun total nilai investasi sekitar Rp. 30 Trilliun untuk pengembangan Kawasan Industri Mongondouw (KIMONG) di Lolak tersebut.

    “Mudah-mudahan master plan tahun ini tuntas. Karena rencana pengembangan sekitar 1.500 hektare,” bebernya

    KIMONG diprediksi akan menelan investasi sebesar Rp30 triliun.

    “Nantinya pada KIMONG akan dibuat 600 pabrik dan tahap pertama ada sekitar 200 pabrik. Yang diisi untuk industri logam, holtikultura, perkebunan dan lain-lain,” tuturnya.

    Tak hanya pabrik saja yang akan dibangun, di lokasi KIMONG juga akan ada perumahan dan terintegrasi dengan Bandara Lolak.

    “Hadirnya KIMONG akan menyerap banyak tenaga kerja lokal. Pastinya meningkatkan pendapatan daerah terlebih di daerah Bolaang Mongondow Raya menjadi kawasan kota baru yang lebih maju,” imbuhnya.

    Dikatakannya proses perizinan terkait dengan pembangunan di KIMONG tidak akan dipersulit.

    “Kami pastinya fasilitasi dan permudah perizinan,” tukasnya.

    KIMONG ini segera terwujud akan melengkapi dua kawasan yang sebelumnya telah terlebih dahulu ada di Bumi Nyiur Melambai, yakni Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung dan KEK Pariwisata yang ada di Likupang, Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

    (ROKER)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Investasi Rp 30 T, OD-SK Dorong Percepatan Kawasan Industri (KIMONG) di BMR Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top