• Berita Terbaru

    April 15, 2020

    elnusanews/com April 15, 2020

    Pemkab Minahasa Tanggapi Keluhan Warga Terkait Penyaluran Bansos Tahap Pertama.

    Minahasa, Elnusanews – Pemerintah Kabupaten Minahasa telah menyalurkan bantuan sosial berupa sembako kepada warga yang terdampak virus Cibid 19. Namun penyaluran dan pembagian tersebut dikeluhkan warga masyarakat.

    Menaggapi keluhan tersebut, Selasa 14/4/2020 Pemkab Minahasa dibawah dibawah kepemimpinan Bupati Dr. Ir. Royke O. Roring, M.Si dan Wakili Bupati Dr. Robby Dondokambey, SSi, MM melalui juru bicara Satgas percepatan penanggulangan covid-19 pemkab minahasa, Dr. Denny Mangala, MSi menjelaskan bahwa mengapa bantuan tidak merata dan hanya untuk orang orang tertentu saja.

    Dijelaskan Mangala, Hal ini disebabkan karena bansos tahap 1 hanya bisa untuk memenuhi kuota 20.834 KK di 270 Desa dan Kelurahan di Minahasa. Sementara jumlah KK di Minahasa kurang lebih ada 142.000 KK, sehingga memang tidak dapat menjangkau semua warga. Dengan pertimbangan juga bahwa yang termasuk kategori keluarga tidak mampu sesuai Basis Data Terpadu (BDT) ada kurang lebih 37.000 KK. Artinya sebagian besar masyarakat Minahasa tergolong keluarga Mampu.

    Lanjut dikatakanya bahwa masyarakat harus memahami dimana dalam Komponen bantuan ada Beras Pemerintah yang hanya diperuntukan bagi keluarga yang masuk dalam BDT, sehingga usulan dari Desa jika tidak masuk dalam BDT otomatis tidak akan menerima.

    Mangala menegaskan bahwa tidak ada kepentingan atau unsur tertentu dibalik bansos ini harus disampaikan bahwa Bansos yang diberikan semata mata untuk membantu masyarakat akibat bemcana Nasional Covid 19 dan tidak ada unsur politis ataupun.

    Terkait ada bahan lain yang belum diterima, Mengala mengatakan, Bantuan yang diberikan Pemda Minahasa semestinya setiap keluarga memperoleh 5 kg beras, telur 1 bak, supermie 20 bungkus, minyak goremg 1 Kg dan Vitamin.

    Namun, kata dia, stock telur hanya mampu tersedia sebanyak kurang lebih 5000 bak, sementara dibutuhkan 20.834 Bak.

    “Demikian juga vitamin stok dipasaran sangat kurang, sehingga banyak Desa yang paket bantuannya khususnya telur dan Vitamin belum dapat dan puji Tuhan mulai hari ini telur sementara didistribusikan. Yang jelas kekurangan  akan  dilengkapi secepatnya,” jelasnya.

    Berkaitan dengan kuota antar Desa tidak sama, maka harus dipahami bahwa tingkat kesejahteraan masyarakat antar Desa di Minahasa tentu berbeda beda. Ada Desa yang keluarga tidak mampu sedikit, tapi ada yang bamyak, sehingga kuota setiap Desa pasti berbeda.

    “Selain itu, ada juga yang mempertanyakan Sasaran Bantuan tidak jelas dan tidak transparan. Mangala menyampaikan bahwa, 2 hari  sebelum penyerahan bantuan telah disampaikan kepada semua Camat untuk teruskan kpa Kuntua lurah dan dibacakan melalui pengeras suara yang ada di Desa dan Kelurahan menyangkut sasaran bansos Minahasa, yaitu; Keluarga Tidak Mampu yang masuk dalam Basis Data Terpadu {BDT) dikurangi penerima PKH dan keluarga penerima bantuan Pangan Non Tunai. Kenapa karena kelompok masyarakat ini menerima bantuan setiap bulan dengan nominal yang sudah dinaikkan.” Katanya

    “Keluarga ODP dan PDP, 3  Keluarga Tukang Ojek, kusir bendi, sopir angkutan umum. Muncul pertanyaan ada tukang ojek, sopir tidak dapat. Hal ini disebabkan karena data yang diminta melalui Desa dan Kecamatan pada saat pengajuan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di Desa dan Kelurahan banyak yang tidak melapor/mendaftar, dimana data ini yang digunakan dalam penyaluran bansos khusus tukang ojek dll,” ujarnya

    Ada juga yang kritikan karena penyaluran sudah larut malam dan bersifat Rahasia. Harus disampaikan bahwa Bapak Bupati dan Bapak Wakil Bupati sudah memberikan petunkuk bahwa bansos ini harus transparan dan dapat dipertanggungjawabkan, sehingga dalam perencaaan dan penyaluran Pemda Minahasa melibatkan TNI, Polri dan Kejaksaan untuk memastikan bahwa bansos tersebut tidam disalahgunakan karena sanksinya jelas akan diproaes sesuai ketentuan yang berlaku.

    “Mengenai penyaluran sampai larut malam ini terjadi karena waktu distribusi ke Kecamatan dilakukan hari Kamis dan pengambilan di gedung wale ne Tou ada yang sampai malam, sementara sudah disampaikan bahwa bansos tersebut sudah harus sampai kepada  keluarga penerima hari itu juga, karena besoknya Jumat Agung bagi Umat Kriatiani. Karena itu, walaupun sudah larut malam Pemeribtaj desa berusaha menyalurkan kepada keluarga penerima,” ungkapnya.

    Permasalahan lain juga yaitu bahwa Disabilitas tidak memperoleh banruan. Untuk hal ini, menurutnya cadangan stok tahap pertama hampir 2000 paket akan didiatribusi untuk penyandang disabilitas di Desa. Rata rata setiap Desa untuk melengkapi bantuan tahap 1 akan memperoleh kurang lebih 7 Paket dan jika ada Desa yg tidak memiliki warga diaabilitas dapat disalurkan kpd penduduk kurang mampu yg sangat butuh bantuan. Bansos ini satu dua hari kedepan akan disalurkan.

    “Menyangkut usulan penerima diumumkan di Desa melalui palakat dan pengeras suara di Desa itu akan menjadi bahan masukan untuk penyaluran tahap 2 walapun pada tahap 1 sudah disampaikan harus diumumkan di Desa,” terangnya.

    Mangala pun menyampaikan tentunya masukan dan saran serta kritikan diberikan apresiaai untuk menjadi pertimbangan dalam rangka penyaluran Tahap ke dua.

    “Pemerintah Kabupaten Minahasa melalui Bapak Bupati dan Bapak Wakil Bupati mengharapkan agar seluruh rakyat Minahasa tetap mengikuti himbauan Pemrintah, tidak perlu panik dan takut, tetapi tetap senantiasa berdoa semoga Tuhan akan senantiasa melindungi Minahasa dan Sulawesi Utara dari penyebaran Covid 19. Tuhan memberlati Rakyat Minahasa. Pakatuan wo Pakalawiren,” tutupnya.

    (Jonly bamz)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pemkab Minahasa Tanggapi Keluhan Warga Terkait Penyaluran Bansos Tahap Pertama. Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top