• Berita Terbaru

    April 29, 2020

    elnusanews/com April 29, 2020

    Seorang Area Manager Di Amankan Tim Polres Minut

    MINUT, Elnusanews -- Seorang Area Manager salah satu perusahaan distributor oli terkemuka bernama Ferdinand Efendi (FE) ditangkap penyidik Polres Minahasa Utara, hanya bisa tertunduk saat ditangkap dan ditahan di Polres Minahasa Utara.

    Kapolres Minahasa Utara AKBP Grace Rahakbau, melalui Kasat Polres Minahasa Utara AKP Kadek, menjelaskan, FE ditangkap di Jakarta setelah sempat buron dan dicari oleh jajaran Polres Minahasa Utara.

    Proses penangkapan berlangsung dramatis, polisi yang sudah mengetahui keberadaan tersangka sempat mengikuti tersangka masuk ke jalan Tol Bekasi arah Cikampek, polisi baru berhasil menangkap setelah tersangka berhenti untuk mengisi bahan bakar kendaraannya di Rest Area Cikarang.

    "Tersangka ditangkap tanpa perlawanan dan langsung digelandang dan diterbangkan ke Polres Minahasa Utara untuk di serahkan ke Kejaksaan Negeri Minahasa Utara karena berkas penipuan dan penggelapan telah lengkap alias P-21," kata Kasat.

    FE ditangkap atas adanya Laporan Polisi LP/659/IX/2019/Sulut/Res-Minut tanggal 27 September 2019 tentang dugaan tindak pidana penipuan dan penggelapan.

    Dalam laporan tersebut, FE diduga telah melakukan ‎penipuan dan penggelapan dalam jabatan sebagaimana dimaksud dalam pasal 374 KUHP dengan ancaman hukuman penjara paling lama 5 tahun.

    Tersangka FE selaku Area Manager Sulawesi di PT NS (Cabang Manado) telah melakukan aksinya sejak tahun 2017 hingga Juli 2019. Tersangka FF mengajukan pengunduran diri dari PT NS setelah perusahaan mulai mencurigai aksinya dan transaksi keuangan yang janggal di Cabang Manado.

    Modus yang dilakukan tersangka yakni membuat Purchase Order (PO) fiktif atau Pemesanan Barang fiktif, seolah-olah ada pelanggan yang bermaksud memesan barang kemudian perusahaan akan mengeluarkan barang sesuai dengan pesanan fiktif tersebut.

    Selain PO fiktif tersangka juga melakukan penagihan secara tunai ke beberapa pelanggan dengan membuat invoice palsu, namun uang hasil penagihan tidak disetorkan ke perusahaan namun digunakan untuk kepentingan pribadi.

    Atas kejadian tersebut perusahaan merasa dirugikan dan melaporkan ke Polres Minahasa Utara dengan kerugian ratusan juta rupiah, namun setelah dilakukan audit internal ternyata kerugian bertambah. (Tommy)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Seorang Area Manager Di Amankan Tim Polres Minut Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top