• Berita Terbaru

    April 17, 2020

    elnusanews/com , April 17, 2020

    Bahasa Soal Realokasi APBD, Bupati ROR ikuti Rakor Lewat Vidcon Bersama Mendagri dan Menkeu

    MINAHASA, Elnusanews - Bupati Minahasa Royke Octavian Roring, Jumat (17/4/2020) mengikuti rapat koordinasi Refocusing dan Realokasi APBD Tahun Anggaran 2020 melalui Video Conference (Vidcon), Jumat (17/04/2020) di rumah dinas Bupati Minahasa. 

    Selain Bupati ROR, ikut hadir dalam Rakor para Bupati dan Walikota seluruh Indonesia termasuk Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Lewat Vidcon, Bupati ROR bersama para Kepala Daerah lainnya termasuk Mendagri mendengarkan pengarahan yang disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. 
     Dalam arahannya, Menteri keuangan menyampaikan tentang refocussing belanja pada pencegahan dan penanganan COVID-19. Menurut Sri Mulyani, anggaran yang dapat dilakukan realokasi atau revisi adalah kegiatan yang secara umum kurang prioritas, 

    " Kegiatan non prioritas yang mungkin dilakukan realokasi dan refocusing yaitu belanja barang atau belanja yang tidak mendesak, dan belanja modal yang tidak urgen kebutuhannya atau dapat ditunda," ujar Mulyani. 

    Dia menjelaskan, ragam belanja yang dapat dialihkan anggarannya untuk kegiatan darurat kesehatan seperti biaya perjalanan dinas, insentif pajak pejabat, dana aspirasi dewan, biaya rapat, workshop, pelatihan, dan belanja yang tidak relevan dengan fokus kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19.


    "Pemerintah juga perlu memastikan penggunaan dana tersebut tepat sasaran sesuai dengan alokasinya, serta dana yang sudah direvisi nantinya dialokasikan ke penanganan kesehatan, sosial safety net, dan penanggulangan dampak ekonomi," ujarnya. 

    Turut hadir dalam Rakor, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri Sosial Juliari Batubara, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kepala BNPB, serta para Gubernur dan Ketua DPRD Provinsi se-Indonesia.

    (jonly bamz/ Advetorial)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bahasa Soal Realokasi APBD, Bupati ROR ikuti Rakor Lewat Vidcon Bersama Mendagri dan Menkeu Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top