• Berita Terbaru

    May 15, 2020

    elnusanews/com May 15, 2020

    Sekda Muntu : Pemkab Minahasa Siap Bentuk Satgas Ketahanan Pangan

    MINAHASA, Elnusanews - Menindaklanjuti Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Menjaga Ketahanan Pangan Nasional Pada Saat Tanggap Darurat Covid-19, Pemerintah Kabupaten Minahasa tetap akan menjaga Ketahanan Pangan. Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Frits Muntu usai mengikuti Video Conference (Vicon), Jumat (15/05/2020), dengan agenda pembentukan Tim Ketahanan Pangan menindaklanjuti Instruksi Menteri Dalam Negeri tentang menjaga ketahanan pangan nasional pada saat tanggap darurat Covid-19. 

    Guna memudahkan hal itu, maka mulai dari pusat sampai daerah dibentuklah Satuan Tugas (Satgas). Satgas ini, tambah Muntu bertugas untuk memastikan dan memonitor ketahanan pangan daerah secara harian, mulai dari ketersediaan kebutuhan kelancaran distribusi dan fluktuasi, oleh karena itu dimintakan kepada Pemerintah Provinsi sampai kepada Pemerintah Kabupaten/Kota untuk membentuk Satgas Ketahanan Pangan. 

    Dijelaskan, Satgas inilah yang akan mengisi laporan harian tentang 11 bahan pangan pokok berupa beras, jagung, bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai rawit, daging sapi/kerbau, daging ayam ras, telur ayam ras, gula pasir, dan minyak goreng, sesuai tabel yang ada, dan akan dilaporkan oleh pemerintah daerah kepada Pemerintah Provinsi sampai ke Pemerintah Pusat. 

    Satgas ini diketuai oleh Sekretaris Daerah yang beranggotakan Dinas Pangan, Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan, Bappeda, Dinas Perhubungan, TNI/Polri serta Bulog. Selain itu, Satgas bertanggungjawab kepada Bupati dan melaporkan setiap hari ketersediaan kebutuhan dan fluktuasi harga. 

    Oleh karena itu, Muntu berharapkan kepada semua elemen masyarakat untuk tetap dan selalu mematuhi imbauan- imbauan pemerintah seperti menerapkan pola hidup sehat, mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak/menerapkan physical and social distancing dan tidak perlu berpergian jika memang tidak dibutuhkan. 

    “Mari bersama-sama mensukseskan semua program pemerintah yang berkaitan dengan penanganan Covid-19. Kepatuhan dari masyarakat, kepatuhan dari petugas bisa mengantisipasi penyebaran dan pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19. Marilah kita berdoa bersama agar Covid-19 segera berakhir, dan kita dapat melaksanakan kegiatan seperti sediakala,” ajaknya. 

    Rapat melalui Vicon ini dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Frits Muntu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Minahasa Wenny Talumewo, Kepala Dinas Pangan Kabupaten Minahasa Subhan Frans Torar dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa Yeittij Roring. (Jonly bamz)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sekda Muntu : Pemkab Minahasa Siap Bentuk Satgas Ketahanan Pangan Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top