• Berita Terbaru

    January 21, 2021

    elnusanews/com , January 21, 2021

    2021, Distanak Sulut Siap Kembangkan Komoditi Kedelai

    SULUT,Elnusanews - Dalam rangka mengoptimalkan program operasi daerah selesaikan kemiskinan (ODSK) di sektor Pertanian pada tahun 2021 berjalan ini. Maka, Dinas Pertanian dan Peternakan Daerah Provinsi Sulut siap mengembangkan komoditi Kedelai meskipun di era pandemi Covid-19 sedang melanda daerah ini.

    “Pertanian tidak boleh berhenti. Semua komoditas, kita tetap mengacu kebijakan nasional. Serta memperkuat program OD-SK yaitu Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Sulut Novly Wowiling, Kamis (21/1/2021) kepada elnusanews.com.

    Novly Wowiling membeberkan mengikuti instruksi nasional komoditas padi dan jagung akan tetap digenjot. Karena, setiap tahunnya dua komoditas itu menunjukan tren positif.

    “Keduanya itu sudah berjalan, dapat diterima akrab dalam budidaya pertanian di tengah-tengah petani yang ada di 15 kabupaten/kota se Sulut,” ungkapnya.

    Namun, tak hanya dua komoditas termasuk holtikultura yang menjadi fokus Dinas Pertanian dan Peternakan Sulut sepanjang tahun ini, yakni komoditas kedelai.

    “Karena (kedelai) sudah ada instruksi presiden agar supaya komoditas ini lebh didorong produksinya. Hal ini dikarenakan negera kita masih tergantung impor,” ungkap kadis.

    Adapun target tahun 2021, pengembangan kedelai sebanyak 50.000.

    “Energi kita memang betul luar biasa dijaga agar supaya menjdi harapan dari pak presiden melalui Kementerian Pertanian dan breakdown sesuai keinginan pak gubernur agar sukses,” tuturnya.

    “Kedelei perlu didorong agar membangkitkan petani yang ada di Sulut,” sambung Wowiling.

    Target ini bisa terwujud, perlu adanya sinergitas antar provinsi dan 15 kabupaten/kota se Sulut.

    “Memang ada daerah prioritas, seperti Minahasa Utara, Minahasa Selatan, Minahasa dan Bolaang Mongondow. Itu karena melihat dari ketersediaan lahan. Tapi, untuk daerah lain bukan kita tinggalkan, akan tetap diperhatikan,” terangnya.

    Untuk tahap pertama, pihaknya akan menyiapkan benih kedelai.

    “Januari hingga Maret kami tanam benih. Ini menjawab target 50.000,” tandasnya.

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: 2021, Distanak Sulut Siap Kembangkan Komoditi Kedelai Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top