• Berita Terbaru

    August 09, 2021

    elnusanews/com , August 09, 2021

    Ronald Sorongan: Pelaku UKM Sulut Harus Tetap Eksis di Tengah Pandemi



    SULUT,Elnusaneas - Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) jangan menyerah dengan pendemi Covid-19. Sebab, berbagai program untuk membangkitkan usaha tersebut terus digelontorkan pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi.


    “Dalam rangka hari UKM ke-6 tanggal 12 Agustus 2021, kami imbau kepada para pelaku usaha walaupun di tengah pandemi Covid-19 agar tetap eksis dan berusaha. Karena banyak fasilitas pemerintah diberikan agar supaya usaha mereka tetap lancar,” kata Kepala Dinas UKM Daerah Provinsi Sulut, Ronald Sorongan kepada wartawan, Senin (9/8/2021).


    Dibeberkannya, fasilitas yang diberikan di antaranya permodalan lewat perbankan. 


    “Bank harus berikan KUR (Kredit Usaha Rakyat) kepada pekaku UKM dengan bunga rendah hanya 6 persen per tahun. Kalau per bulannya hanya 0,5 persen. Jadi, silahkan manfaatkan kalau kekurangan modal lebih baik ke bank daripada rentenir,” jelasnya.


    Selain itu, fasilitas lainnya yang dibantu adalah terkait dengan pengiriman produk ke luar Sulut. Di mana, pihak Dinas UKM Sulut telah menjalin kerja sama dengan Telkomsel dan Garuda Indonesia. 


    “Telkomsel berikan paket data satu tahun, asalkan produk mereka jual secara online lewat marketplace. Sedangkan untuk pengiriman produk ke seluruh Indonesia siap dikirim lewat maskapai Citilink dan Garuda Indonesia dengan biaya pengiriman diskon 50 persen,” terangnya. 


    Belum lagi, bantuan dari Presiden Joko Widodo berkat perjuangan Gubernur Olly Dondokambey, untuk pelaku usaha mendapatkan suntikan dana Rp1,2 juta. 


    “Bagi yang belum dapat silahkan diperbaiki datanya yang kurang sampai tanggal 10 Agustus 2021 di dinas kabupaten/kota sesuai dengan domisili usaha,” tandasnya.


    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ronald Sorongan: Pelaku UKM Sulut Harus Tetap Eksis di Tengah Pandemi Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top