• Berita Terbaru

    August 31, 2021

    elnusanews/com , August 31, 2021

    Taufik Tumbelaka: Banyak Pejabat Pemprov Tak Peka di Pandemi


     

    SULUT,Elnusanews - Pandemi Covid-19 menjadikan fenomena global di tengah  masyarakat yaitu dampak sosial dan ekonomi. Hal ini juga sangat terasa di Sulawesi Utara (Sulut). Di mana, tidak sedikit masyarakat mengalamai kesulitan ekonomi akibat melemahnya pendapatan atau pemasukan keuangan. 

    Fenomena itu, menurut Pengamat Politik dan Pemerintahan Taufik Tumbelaka, menjadi momentum kebersamaan dari kita semua dalam rangka saling mendukung dan saling membantu dalam rangka kepedulian sosial. 

    “Hal itu sebenarnya dapat dijadikan momentum, ya semacam We Care We Share. Dalam keilmuan disebut Modal Sosial,” terang Tumbelaka kepada wartawan, Selasa (3/8/2021).

    Kebersamaan yang dimaksud, diawali dengan kekompakan pemerintah. Harapan Tumbelaka, para pejabat dan ASN di Pemerintah Provinsi Sulut dapat menjadi motor gerakan peduli terhadap sesama.

    “Cukup dengan langkah, melihat lingkungan tempat tinggal dan lingkungan kerja, lalu berbagi. Bisa dalam bentuk uang, natura atau makanan siap saji,” tuturnya. 

    Olehnya, ia mengharapkan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw dapat melakukan imbauan Modal Sosial kepada para Pejabat dan ASN.

    “Kepedulian para pejabat khususnya akan menjadi cerminan apakah karakter mereka layak diberi jabatan karena kepercayaan memegang jabatan bukan hanya urusan kemampuan kerja tapi menyangkut kepada kepekaan sosial dan ini akan tergambar dan tersirat dalam kinerja dan langkah kebijakan-kebijakan yang diambil,” jelasnya. 

    Apabila tak peka, jabatan menjadi taruhan. 

    “Dan jika ditemukan oknum pejabat yang kurang memiliki kepekaan sosial, maka sebaiknya gubernur dan wagub tidak memberi jabatan, hal ini dikarenakan menjadi pejabat dan juga ASN adalah pengabdian termasuk kepada masyarakat, jadi ini bukan sekedar pekerjaan biasa yang untuk mendapat pendapatan dan kedudukan,” tegasnya. 

    Kata Tumbelaka, ASN yang biasa dilabeli sebagai Abdi Negara pada saat ini dapat dijadikan sebagai masa yang tepat pembuktian. 

    “Gerakan Modal Sosial dapat menjadi wujud dukungan para pejabat dan ASN terhadap pemimpinnya yang sedang berupaya mengatasi penanggulangan Covid-19 dan dampak sosial ekonomi serta wajud kebersamaan dengan masyarakat,” pungkas Alumni Departemen Politik dan Pemerintahan Fisipol UGM Yogyakarta ini.


    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Taufik Tumbelaka: Banyak Pejabat Pemprov Tak Peka di Pandemi Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top