• Berita Terbaru

    August 30, 2021

    elnusanews/com August 30, 2021

    Dorong Pembangunan Daerah, PT SMI Salurkan Dana PEN


    Jakarta, Elnusanews – PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (PT SMI) menyetujui usulan Pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Daerah (Pinjaman PEN Daerah) Pemerintah Kabupaten Probolinggo senilai Rp 76,5 miliar dan Pemerintah Kota Bitung senilai Rp 250 miliar dalam rangka mewujudkan percepatan pemulihan ekonomi di masing-masing daerah. 

    Penandatanganan perjanjian pinjaman PEN Daerah ini dilakukan secara sirkuler melalui media daring oleh Direktur Pembiayaan dan Investasi PT SMI - Sylvi J. Gani, bersama Bupati Probolinggo – P. Tantriana Sari dan Walikota Bitung – Maurits Mantiri, dihadiri oleh Direktur Utama PT SMI – Edwin Syahruzad, pada Jumat pekan lalu.

    Usulan pinjaman PEN Daerah Pemkab Probolinggo dan Pemkot Bitung kepada PT SMI ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pembangunan infrastruktur daerah akibat Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) masing-masing wilayah harus di realokasi akibat pandemi. Realokasi APBD dilakukan agar dapat terus mendukung pembangunan sektor prioritas daerah, seperti pembangunan terhadap infrastruktur jalan, Sumber Daya Air (SDA), dan penyediaan sarana air bersih untuk Kabupaten Probolinggo, serta pembangunan infrastruktur kesehatan, jalan, pasar, telekomunikasi, drainase dan SPAM untuk Kota Bitung. 

    Sebelumnya, PT SMI bersama Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia telah melakukan evaluasi bersama, serta mempertimbangkan beberapa faktor risiko atas proposal permohonan yang diajukan oleh masing-masing Pemerintah Daerah (Pemda). Pinjaman yang telah disetujui kemudian disalurkan kepada Pemda oleh PT SMI sebagai Special Mission Vehicle (SMV) Kemenkeu dengan menerapkan prinsip transparansi dan akuntabilitas.

    Direktur Utama PT SMI, Edwin Syahruzad, dalam sambutannya menyatakan, penandatanganan perjanjian pinjaman PEN ini merupakan salah satu bentuk langkah responsif dan dukungan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Keuangan, atas dampak dari pandemi Covid-19 yang sangat mempengaruhi perekonomian di daerah. 

    "Melalui dukungan pinjaman PEN Daerah ini tentunya diharapkan dapat memberikan asas manfaat bagi pemulihan dan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Probolinggo dan Kota Bitung, serta dapat membawa manfaat juga bagi masyarakat di masing-masing daerah,"kata

    Bupati Probolinggo, P. Tantriana Sari, menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada PT SMI. 

    Dalam sambutannya beliau menyatakan, pinjaman PEN Daerah yang telah disetujui senilai Rp 76,5 ini akan kami manfaatkan secara optimal untuk pembangunan infrastruktur jalan, sumber daya air, dan juga penanganan air bersih, serta sanitasi.

    Dengan ditandatanganinya perjanjian dan kesepakatan ini, kami berharap agar PT SMI dapat terus mendampingi kami sehingga dana pinjaman yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan baik dan benar-benar dapat mendorong kemajuan dan pemulihan ekonomi.

    Di waktu yang sama, Walikota Bitung, Maurits Mantiri, juga menyampaikan ucapan terima kasih atas pinjaman PEN Daerah yang diberikan oleh PT SMI. 

    "Kami ucapkan terima kasih kepada PT SMI atas kepercayaan yang telah diberikan dalam menggunakan dana pinjaman PEN Daerah ini. Adapun penandatanganan ini menjadi sebuah komitmen bagi kami kepada negara dan masyarakat," katanya.

    Oleh karena itu, besar harapan kami setelah penandatanganan ini tindak lanjut atas pelaksanaan aktivitas yang telah tertata dalam usulan pinjaman PEN dapat mulai berjalan, dan selanjutnya pemanfaatan serta kemanfaatannya akan memberikan dampak bagi seluruh masyarakat di Kota Bitung.(*)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Dorong Pembangunan Daerah, PT SMI Salurkan Dana PEN Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top