• Berita Terbaru

    August 25, 2021

    elnusanews/com , August 25, 2021

    Sekkot Roring Dorong Pelatihan Operator DAPODIK



    TOMOHON,Elnusanews - Walikota Tomohon yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring, S.E., M.E. menghadiri dan membuka Kegiatan Pelatihan Operator Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kota Tomohon Tahun 2021 secara virtual dari Command Center Mall Pelayanan Publik Kota Tomohon.

    Kegiatan yang diadakan secara virtual ini diadakan 25-26 Agustus 2021.

    Narasumber dari Tim Teknis Dapodik Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia Bapak Jihan Aziz dan Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Sulawesi Utara Febri Dien, S.T., M.Tech.

    Peserta yaitu Para Kepala Sekolah TK, SD dan SMP Se- Kota Tomohon serta seluruh operator Dapodik TK, SD dan SMP se- Kota Tomohon.

    Sambutan Walikota Tomohon yang dibacakan oleh Sekot Tomohon Edwin Roring menyampaikan seiring dengan perubahan dan dinamika masyarakat yang terus bergerak menuju arus globalisasi, problem dan tantangan yang harus dihadapi oleh dunia persekolahan kita makin rumit dan kompleks. sekolah tidak hanya dituntut untuk mampu melahirkan generasi yang cerdas secara intelektual, tetapi juga diharapkan dapat menciptakan generasi bangsa yang cerdas secara emosional dan spiritual. karena itu sistem pendidikan harus mampu menghadirkan suatu instrumen terukur sebagai basis data dalam kebijakan pendidikan yang tepat.

    Data pokok pendidikan atau Dapodik adalah sistem pendataan skala nasional yang terpadu, dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional, yang merupakan bagian dari program perencanaan pendidikan nasional dalam mewujudkan insan indonesia yang cerdas dan kompetitif. dapodik merupakan urat nadi sekolah, dimana didalam dapodik semua pendataan peserta didik dan data lainnya yang berhubungan dengan semua kebijakan sektor pendidikan seperti bantuan operasional sekolah (BOS), aneka tunjangan guru, bantuan sarana dan prasana serta lainnya diambil dari dapodik. 

    pemerintah terus melakukan perbaikan dalam pengelolaan pendidikan dengan kebijakan yang terbuka guna membentuk karakter dan pengembangan potensi yang ada di setiap diri siswa.

    Pemerintah kota tomohon juga berkomitmen untuk terus memberikan penghargaan kepada tenaga operator sekolah berupa sharing pendanaan untuk pembayaran tunjangan operator melalui pos belanja daerah. inilah adalah komitmen kami untuk mewujudkan merdeka belajar, tidak hanya bagi anak didik dan guru, tetapi juga bagi tenaga administrasi dan tenaga operator sekolah.

    pemerintah kota tomohon terus berupaya menerapkan kebijakan yang dapat menghantarkan pendidikan di daerah kita ini menjadi semakin terarah dan fokus pada pembangunan generasi yang cerdas dan berkarakter. kami berkomitmen menyelenggarakan pendidikan yang merata, demokratis dan berkeadilan, menuju tomohon yang maju, berdaya saing dan sejahtera.

    Terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada para nara sumber dan kepada panitia pelaksana kegiatan. kepada para peserta pelatihan saya berharap agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. sehingga melalui pelatihan operator sekolah akan dapat meningkatkan kapasitas dalam pemanfaatan dapodik sebagai basis data yang akurat dan lengkap.

    Hadir juga pada kegiatan ini Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon Dr. Juliana Karwur, M.Kes., M.Si., Inspektur Kota Tomohon Jeane Bolang, S.H., M.H. dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Kota Tomohon Drs. Gerardus Mogi, M.A.P.

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sekkot Roring Dorong Pelatihan Operator DAPODIK Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top