• Berita Terbaru

    October 08, 2021

    elnusanews/com October 08, 2021

    PDAM Kabupaten Minahasa dan Minut Berguru ke Kota Bitung


    BITUNG, Elnusanews -  Keberhasilan Perumda Air Minum Duasudara Bitung dalam pengelolaan manajemen dan lainnya, menjadi perhatian sejumlah Perusahaan Daerah Air Minum lainnya tertarik untuk lakukan studi tiru. 

    Hal ini seperti dilakukan oleh manajemen PDAM Minahaaa dan Minahasa Utara (Minut), yang melakukan studi tiru di Perumda Air Minum Duasudara Bitung, Jumat (8/10/2021). 

    Rombongan yang terdiri dari Dirut PDAM Minahasa, Ir Randy Rompas bersama jajaran PDAM Minahasa, Kepala Bagian Perekonomian Pemkab Minahasa, Aneke G. Maindoka, S. Sos, MSi dan Dirut PDAM Minut, Ir Patrice Tamengkel, bersama jajarannya, diterima langsung oleh Direktur Perumda Air Minum Duasudara Bitung, Raymond Luntungan, ST MSi didampingi Manajer Umum, Joubert Kusoy, SE dan asisten Manajer Umum, Ody Lumingkewas. 

    Pada kesempatan tersebut, baik PDAM Minut maupun Minahasa,  mempelajari proses peralihan status dari PDAM menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda). 

    Terkait hal ini, Direktur Perumda Air Minum Duasudara Bitung, Raymond Luntungan, ST MSi mengatakan, perubahan status tersebut sesuai dengan UU nomor 23 tahun 2014 yang menyatakan semua BUMD harus berubah jadi Perumda, yang dikuatkan dengan Permendagri 54 tahun 2017. 

    "Perubahan status ke Perumda itu dilakukan oleh pemerintah kota Bitung dengan menerbitkan Perda," kata Luntungan. 

    Selain itu, juga disampaikan tentang pengelolaan manajemen, sert sistim IT yang digunakan oleh Perumda Air Minum Duasudara Bitung, termasuk adanya website, fanpage dan akun sosial media lainnya. Selain itu, juga ada aplikasi untuk mempermudah pelanggan, mengecek biaya rekening yang harus dibayar setiap bulannya.

    Tidak hanya itu, proses pemeliharaan dan peremajaan jaringan pipa juga jadi bahan bahasan. 

    "Kami lakukan lobi ke Kementrian PU hingga Bank Dunia, untuky bantuan dalam rangka peningkatan pelayanan pada pelanggan, dalam bentuk isnstalasi dan jaringan," jelas Luntungan. 

    Mengenai hal ini, baik Dirut PDAM Minahasa maupun Minut mengaku akan melakukan hal yang sama diwilayah mereka, demi kemajuan perusahaan dan memaksimalkan pelayanan kepada pelanggan. 

    "Perumda Air Minum Duasudara Bitung pantas jadi contoh, karena telah memiliki banyak kemajuan, hingga beberapa kali mendapat penghargaan. Apalagi di Bitung ini sudah jadi Perumda," ujar Dirut PDAM Minut, Ir Patrice Tamengkel dan Dirut PDAM Minahasa, Ir Randy Rompas. 

    PDAM Minut dan Minahasa sendiri belum berstatus Perumda. (*)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: PDAM Kabupaten Minahasa dan Minut Berguru ke Kota Bitung Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top