• Berita Terbaru

    April 13, 2022

    elnusanews/com , April 13, 2022

    BBVet Maros-Pemprov Sulut Gelar Rakor Pembebasan Penyakit Hewan Menular



    SULUT,Elnusanews - Balai Besar Veteriner (BBVet) Maros menggelar Rapat koordinasi Pembebasan Penyakit hewan menular se Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bertempat di Hotel Mercure Manado, Rabu (13/4/2022).



    Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Balai Besar Veteriner Maros Risman Mangidi S.Sos.


    Risman mengatakan terkait rapat koordinasi pembebasan penyakit hewan menular khususnya pada hog cholera atau panyakit pada babi. Ini merupakan satu tindaklanjut surat dari bapak gubernur kepada bapak menteri (Kementan RI) terkait pengusulan untuk segera dilakukan pembebasan/permohonan untuk pembebasan penyakit hig cholera di Sulawesi Utara (Sulut).


    "Kebetukan kami (BBVet) Maros ini merupakan salah satu unit pelaksana teknis dibawah Ditjen PKH Kementan RI dipercayakan untuk mengkordinasikan serta melaksanakan perencanaan pembebasan hog cholera tersebut di Sulut. Maka, menindaklanjuti surat gubernur tersebut, hari ini kami hadir disini mengundang teman-teman dari seluruh dinas kab/kota di Sulut serta juga rekan-rekan karantina termasuk juga legislatif seluruh DPRD yang ada di kab/kota se Sulut untuk sama-sama mengadakan pertemuan atau rapat koordinasi ini dalam rangka menyusun perencanaan pembebasan penyakit hog cholera.


    "Yang tentunya harapannya dengan adanya pembabasan dari penyakit tersebut memudahkan khususnya kepada peternak-peternak babi di Sulut ini dapat memudahkan pengeluaran atau memudahkan untuk dapat dikeluarkan dari Sulut ke provinsi-provinsi lainnya yang membutuhkan untuk  olahan produk babi. Karena sebelum-sebelumnya ada kendala dimana ada beberapa wilayah yang mempersyaratkan agar daerah suplay bahan olahan babi ini adalah daerah yang bebas penyakit hog cholera. Maka dari itu, kami hadir bersama-sama Distanak Provinsi Sulut untuk sama-sama menyusun perencanaan pelaksanaan pembebasan penyakit hewan menular tersebut," Terang Risman. Sembari ia juga berharap sinergitas dengan adanya rakor ini. Akan ada masukan dengan perencanaan kita untuk Sulut, termasuk di bidang peternakan.


    Sementara itu, Sekdis Distanak Sulut, Titof Manoi  mewakili Kadistanak Novly Wowiling menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pihak BBVet Maros menggelar kegiatan rapat koordinasi pembebasan penyakit hewan menular.


    "Atas nama pemerintah provinsi, saya menyampaikan selamat datang kepada seluruh peserta rapat koordinasi. Dan selamat mengikuti acara ini. Tentunya rakor pembebasan penyakit hewan menular hog cholera seperti ini mendapat dukungan penuh dari bapak gubernur Olly Dondokambey dan wakil gubernur Steven Kandouw (OD-SK).


    Hadir pada kegiatan ini, Ketua DPRD Kab Sitaro, Ketua DPRD Kab Mitra, perwakilan kab/kota yang membidangi fungsi peternak dan hewan, perwakilan karantina, ketua asosiasi peternak babi di daerah ini. Adapun narsum dalam kegiatan ini melalui virtual, drh Anak Agung Gede Putra.


    (ROKER)


    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: BBVet Maros-Pemprov Sulut Gelar Rakor Pembebasan Penyakit Hewan Menular Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top