• Berita Terbaru

    April 13, 2022

    elnusanews/com , April 13, 2022

    Wagub Kandouw Tegaskan Pentingnya Penanganan Stunting Secara Serius



    SULUT,Elnusanews - Wakil Gubernur Propinsi Sulawesi Utara (Sulut) Drs Steven Kandouw secara resmi membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Program Bangga Kencana Propinsi Sulut tahun 2022 di Hotel Peninsula Manado, Rabu (13/4/2022).


    Pada kesempatan ini pun Wagub Kandouw menegaskan pentingnya penanganan stunting secara serius dan menjadi tugas bersama.


    "Benang merahnya ini disampaikan agar supaya pengurus stek holder BBKN yang menangani stunting ini apakah benar  menangani stunting ini dengan baik, sudah bukan rahasia lagi bahwa yang mengurus BKKBN di Kabupaten Kota adalah pejabat kelas 3. Dinas PU, Dinas pendidikan yang hebat-hebat," terang Wagub Kandouw dalam sambutannya.


    "Padahal Tupoksi mengurus ini luar biasa. Tujuan sangat mulia, bagaimana konsernya masalah stunting ini. Hampir setengah dekade ini prioritas pembangunan infrasturktur. Padahal jangan lupa pembangunan SDM," tegasnya.



    Wagub Kandouw pun memuji adanya penandatanganan MoU antara pihak Kanwil BKKBN dengan 5 universitas yang ada di Sulut.

    "Saya senang MoU dengan rektor. Benang merahnya penanganan stunting dan SDM. Spektrum mnya antara lain seluruh stakeholder kemasyarakatan harus ikut serta dengan pencegahan stunting ini," terang Wagub Kandouw yang mencontohnya penanganan stunting di negara tetangga Singapura.

    "Setahu saya di Singapura bayi dalam perut ibu sudah dimonitor apa langkah langkah. Diteruskan atau tidak. Kita belum sampai ke situ paling tidak upaya ikhtiar semangat rencana kita menghasilkan SDM yang baik. Tindakan stunting harus kita dukung bersama," pesannya.


    Apalagi menurut mantan Ketua DPRD Sulut itu, Presiden Joko Widodo sangat konsen dalam penanganan stunting.

    "Pak presiden sangat konsen. Tugas diberikan ke kita semua. Kita sadari Sulut tidak tinggi, tapi paling tidak ada kabupaten kategori lain. Nanti dibahas di rakerda seperti apa kita rekomendasikan.

    "Peran kita melawan stunting dengan upaya peningkatan SDM. Ini menandakan bagaimana pentingnya masalah stunting ini,  jangan dianggap remeh Pemkab kabupaten kota jangan menyepelekan, jangan dinomorduakan ini harus dihadapi dengan ikhtiar serta ada anggaran supaya betul-betul upaya terwujud," tegas Wagub Kandouw.


    Kepala Kantor Wilayah BKKBN Sulut Tino Tandayu mengakui penanganan masalah stunting harus dilakukan dengan serius karena menyangkut generasi emas penerus bangsa.

    "Memang masih ada daerah di Sulut yang rawan Stunting, namun itu akan dibicarakan dalam Rakerda," jelas Tandayu yang menyayangkan kurangnya kegiatan penanganan stunting di kabupaten kota walaupun ada anggaran yang bersumber dari DAK.

    "Penyebabnya minimnya inovasi dalam melakukan kegiatan penanganan stunting,"  tutupnya.


    Adapun selain penandatanganan MoU dengan universitas, pada kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penyerahan piagam penghargaan yang diserahkan Wagub Steven Kandouw.


    (roker/*)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Wagub Kandouw Tegaskan Pentingnya Penanganan Stunting Secara Serius Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top