• Berita Terbaru

    April 13, 2022

    elnusanews/com April 13, 2022

    Wakili Bupati, Sekda Dondokambey Buka Sosialisasi Statistik Sektoral


    MINUT, Elnusanews-- Satu Data Indonesia (SDI) yang diselengarakan di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), dari tiga Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut)

    Hal ini disampaikan Kepala BPS Sulut Asim Saputra, ME. Dev, saat menjadi pembicara pada kegiatan sosialisasi penyelenggaraan statistik sektoral di Hotel Sutan Raja.

    “Di Sulut ada 3 Kabupaten/Kota yang sudah siap menyelenggarakan SDI yakni Kota Bitung, Kota Manado dan Kabupaten Minut. Untuk itu sangat diharapkan hal ini bida menjadi contoh untuk Kabupaten/Kota yang lainnya,” kata Kepala BPS Sulut Asim Saputra didampingi Kepala BPS Minut Carlos Siburian.


    Selain itu Asim Saputra juga berharap dengan dilauchingnya SDI ini, Pemerintah Kabupaten/Kota dan Pemerintah Provinsi sampai pada Pemerintah Pusat bisa bersama-sama melakukan kolaborasi untuk membangun satu data melalui portal.

    “Ini adalah yang pertama kali di Indonesia dan satu-satunya yang sudah mengimplementasikan integrasi antara Kabupaten dan Provinsi. Saya juga berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Minut karena sudah mulai menginisiasi peraturan Bupati untuk satu data,” ungkap Saputra.

    Mewakili Bupati Minut Joune Ganda, Sekertaris Daerah (Sekda) Rivino Dondokambey menjelaskan kebijakan SDI bermaksud untuk mengatur penyelenggaraan tata kelolah data yang dihasilkan oleh instansi pusat dan instansi daerah dalam mendukung perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan.


    “Tujuan kebijakan SDI adalah untuk menjadikan acuan pelaksanaan dan pedoman instansi dan daerah dalam mengelolah data, tersedianya data yang berkualitas serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar instansi pusat dan daerah,” jelas Dondokambey.

    Kegiatan dilanjutkan dengan Launching penyelenggaraan SDi Kabupaten Minut oleh Sekda didampingi Kadis Kominfo Budiyani Max Wurara. (Tommy)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Wakili Bupati, Sekda Dondokambey Buka Sosialisasi Statistik Sektoral Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top