• Berita Terbaru

    April 13, 2022

    elnusanews/com , April 13, 2022

    Pengembangan Kelapa, Kopi dan Pala Masih Jadi Prioritas Disbun Sulut



    SULUT,Elnusanews - Dalam rangka mengoptimalkan program operasi daerah selesaikan kemiskinan (ODSK) di sektor Perkebunan. Tahun 2022 berjalan Dinas Perkebunan Daerah Provinsi Sulawesi Utara yang dikomandoi Kepala Dinas Yeittij Roring terus melakukan inovasi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani pekebun yang ada di wilayah bumi nyiur melambai Sulawesi Utara (Sulut).


    "Tahun 2022 berjalan ini dalam rangka mengoptimalkan program ODSK di sektor Perkebun. Jajaran Disbunda Sulut masih memprioritaskan pengembangan peremajaan kelapa. Kenapa kelapa? karena kita membangkitkan kembali Sulut sebagai daerah bumi nyiur melambai," ungkap Roring kepada elnusanews.com, Rabu (13/4/2022).


    Lanjutnya, selain pengembangan peremajaan kelapa, program prioritas lainnya, kata Roring, ada juga tanaman kopi dan pala.


    "Untuk tanaman pala ini dianggap juga sebagai prioritas karena di Sulut sendiri jumlah lahan untuk tanaman pala itu semakin meningkat dan kita juga melihat nilai eksport ke beberapa negara sangat diminati karena kualitas komoditi pala kita sangat baik," bebernya.


    Dikatakan lagi, selain komoditi kelapa, pala, kopi, cengkeh dan cacao serta vanili, komoditi lainnya terus kami dorong dalam upaya meningkatkan kesejateraan petani pekebun dalam mewujudkan Sulut semakin hebat di sektor perkebunan.


    "Untuk saya mengimbau kepada pemerintah kab/kota untuk berkolaborasi dalam memfasilitasi para petani, pemangku pembangunan pertanian, komiditi perkebunan agar supaya kita bersama-sama mendorong dan memberikan bantuan kepada petani yang membutuhkan tapi juga kita melihat anggaran di setiap kab/kota. Tapi saya optimis dengan sinergitas yang terbangun selama ini dengan pemerintah kab/kota tentunya petani pekebun akan maju dan hebat," pungkasnya.


    (ROKER)




    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pengembangan Kelapa, Kopi dan Pala Masih Jadi Prioritas Disbun Sulut Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top