• Berita Terbaru

    April 21, 2022

    elnusanews/com April 21, 2022

    Kadis Dinsos Sulut, Hadiri Pencanangan Kampung Siaga Bencana Dan Simulasi Bencana


    SANGIHE, Elnusnews-Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Utara dr.Rinny Silangen Tamuntuan Hadiri Pencanangan Kampung Siaga Bencana Dan Sosialisasi Bencana di Kampung Bukide Kecamatan Nusa Tabukan, oleh Kementerian Sosial di Lapangan Kecamatan Kasomalang, Kamis 21 April 2022.

    Program Pencanangan Kampung Siaga Bencana (KSB) adalah program Kementerian Sosial RI dibawah Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam. Program tersebut dirancang untuk memberikan perlindungan sosial kebencanaan di masyarakat terutama wilayah rawan bencana, program ini dimaksudkan untuk mempersiapkan masyarakat yang berada di wilayah rawan bencana agar siap siaga menghadapi bencana yang mungkin datang kapan saja. Mereka dibekali dengan kemampuan pertolongan pertama, evakuasi, pendirian shelter, penyiapan logistik, dapur umum dan sebagainya.


    Dalam Sambutannya dr. Rinny Tamuntuan Mengatakan, Kabupaten Sangihe dikaruniai oleh Tuhan kondisi alam yang lengkap mulai dari pegunungan, dataran, dan pantai. Dibalik lengkapnya kondisi alam itu ternyata menyimpan potensi kebencanaan di mana wilayah Kepulauan berpotensi longsor dan pergerakan tanah, wilayah dataran angin puting beliung, wilayah pesisir banjir dan rob.

    "Perlindungan terhadap masyarakat yang ada di daerah rawan Bencana atau korban bencana merupakan amanat undang-undang 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana,"ucap Tamuntuan.

    Lanjutnya, Pembentukan Kampung Siaga bencana adalah mengutamakan kemandirian masyarakat,namun harus ada dukungan dari pihak lain yang berkepentingan seperti pemerintah dan pihak swasta,ini dimaksudkan untuk memotivasi dan merperkuat kelembagaan penanggulangan bencana ditingkat Masyarakat,Kata Kadis Sosial Sulut ini.

    "Kementerian Sosial RI berharap bisa membentuk kampung siaga bencana di kecamatan lain yang ada di kabupaten Sangihe, khususnya yang memiliki titik rawan bencana,hal ini penting, mengingat kondisi geografis kabupaten Sangihe serta kondisi iklim yang cenderung berubah-ubah secara extrim,". tegas Tamuntuan.

    Tamuntuan Juga berharap dengan adanya TAGANA KSB kecamatan Nusa Tabukan khususnya kampung Bukide ini dapat menjadi garda terdepan untuk membantu masyarakat apabila terjadi bencana alam di daerahnya.




    (OpMud)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kadis Dinsos Sulut, Hadiri Pencanangan Kampung Siaga Bencana Dan Simulasi Bencana Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top