• Berita Terbaru

    April 25, 2022

    elnusanews/com , April 25, 2022

    Buka Rakor Tim Pembina Samsat, Sekprov AGK Dorong Optimalisasi Pajak



    SULUT,Elnusanews - Pemerintah Provinsi melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulawesi Utara (Sulut) menggelar rapat koordinasi (Rakor) Tim Pembina Samsat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), bertempat di salag satu hotel terkemuka di Kota Manado, Senin (25/4/2022).

    Rakor tersebut dibuka langsung oleh Pj Sekdaprov Sulut Asiano Gemy Kawatu yang juga selaku ketua Tim Pembina Samsat Provinsi Sulut.

    Dalam arahannya, Pj Sekdaprov Sulut Gemy Kawatu mengatakan setiap tiga bulan kita menggelar rakor pembina samsat.

    "Subtansinya bagaimana kita mengevaluasi untuk pajak kendaraan bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) 1 khususnya kendaraan baru. Sekarang kan sudah berubah ketika dua tahun terakhir torang dimasa pandemi menuju endemi. Maka, ada perubahan-perubahan kebijakan. Nah, itu yang akan dibicarakan dalam rakor ini dan mendapatkan hasil. Diharapkan optimalisasi pajak dapat terjadi," beber AGK.


    Lanjutnya ada beberapa hal yang harus dipacu yakni optimalisasi pajak, dalam kaitannya dengan keberdayaan masyarakat. 


    "Mau tidak mau mungkin kedepan siap-siap torang akan menggelar sweeping kendaraan bermotor dan lain-lain. Dan kebijakan pemutihan kendaraan bermotor akan segera dilakukan," imbuhya.


    Tak lupa juga, Kawatu mengingatkan kembali kepada seluruh jajaran Bapenda Sulut untuk kerja keras dan kerja bersama. Kita melaksanakan  aktivitas seperti biasa dengan tanggungjawab   dalam upaya meningkatkan PAD. 


    "Pak Gubernur Olly dan pak Wakil Gubernur Steven masih mengandalkan untuk PAD kita ada di BBNKB/PKB, target-target yang ditetapkan relatif mengalami penurunan dibandingkan target APBD tahun 2021 lalu. Tetapi realitas yang ada sekarang sudah memasuki triwulan dua baru pada angka 31 sekian persen, masih perlu digenjot lagi. Teman-teman yang ada di kab/kota, di samsat dan  samsat pembantu dan yang lain-lain juga. Saya kira melalui forum ini kita bisa mencarikan solusi alternatif sehingga kita bisa jadikan masukan dan bahan untuk kajian serta pengambilan keputusan. Yang pasti pak Gubernur dan pak Wagub Sulut akan menanyakan hasil rakor pembina samsat ini," tutur Pj Sekdaprov Sulut itu.


    Turut hadir, Dirlantas Polda Sulut dan jajarannya, Perwakilan Jasa Raharja, Perwakilan Bank SulutGo, Kepala Bapenda Sulut Olvie Atteng dan Jajarannya.


    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Buka Rakor Tim Pembina Samsat, Sekprov AGK Dorong Optimalisasi Pajak Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top