• Berita Terbaru

    April 14, 2022

    elnusanews/com , April 14, 2022

    Perkuat Sektor Pertanian, OD-SK Berkolaborasi Dengan Unsrat



    MANADO,Elnusanews -
    Sektor Pertanian di Sulawesi Utara menunjukkan tren positif baik diukur dari kontribusi terhadap PDRB maupun Nilai Tukar Petani (NTP), bahkan peningkatan volume eksport. Perkembangan sektor pertanian ini adalah perwujudan komitmen dari pemerintahan Provinsi Sulawesi Utara melalui kepemimpinan Bapak Gubernur Olly Dondokambey, SE dan Bapak Wakil Gubernur Drs. Steven Kandouw yang mendapat topangan penuh dari pemerintah kabupaten/kota dan masyarakat petani.

    "Dalam masa kepemimpinan berkelanjutan ini, komitmen Bapak Gubernur dan Bapak Wakil Gubernur begitu kuat untuk tetap  menjadikan pertanian sebagai sektor strategis. Hal tersebut dapat terlihat melalui tindak lanjut kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi Manado," ungkap Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Daerah Provinsi Sulut, Novly Wowiling saat melakukan diskusi terbatas dengan sejumlah akademisi  Unsrat, Rabu (13/4/2022).

    Adapun diskusinya kata, Novly Wowiling terkait dengan menyusun strategi pembangunan pertanian berkelanjutan berdasarkan issu strategis sektor pertanian dengan diperkuat sesuai dengan Tupoksi

    "Menindaklanjuti komitmen Bapak Gubernur dan Bapak Wakil Gubernur melalui penguatan sektor pertanian, maka Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang diwakili oleh Sekretaris Provinsi Sulawesi Utara Asiano G. Kawatu, SE, M.Si dan didampingi oleh Asisten II Sekda Prov. Sulut, Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi Utara, Kepala Inspektorat Provinsi Sulawesi Utara, Kepala Badan Keuangan dan Asset Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulawesi Utara dan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Daerah Provinsi Sulawesi Utara, bersama dengan Dekan Fakultas Pertanian Dr. Ir. Dedie Tooy, M.Si, Dekan Fakultas Perikanan Dr. Roike Montolalu, Dosen Perikanan Prof. Dr. Charles Kepel, Dekan Fakultas Ekonomi Dr. Debby Rotinsulu, dan Dekan Fisip Dr. Novie Pijoh mengadakan diskusi terbatas terkait dengan menyusun strategi pembangunan pertanian berkelanjutan berdasarkan issu strategis sektor pertanian dengan diperkuat sesuai dengan Tupoksi," bebernya.

    Lanjutnya, pemerintah Provinsi Sulawesi Utara berharap beser keterlibatan Unsrat Manado melalui pendampingan teknologi yang terbarukan di sektor pertanian pada komoditas strategis, antara lain pengembangan tanaman pangan (Padi & Jagung), Peternakan dengan komoditas Sapi dan Babi, dan Komoditas Hortikultura (Kentang, Cabe, Tomat, Bawang) termasuk pengembangan pupuk organik sebagai alternatif pupuk kimia.

    "Dalam arahannya, Bapak Sekretaris Provinsi menyatakan bahwa kolaborasi pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dengan Universitas Sam Ratulangi (Fakultas Pertanian) akan berkelanjutan dengan mengadakan forum diskusi dan implementasinya akan memberi dampak pada penguatan sektor pertanian," imbuhnya.

    Sementara itu, Dekan Fakultas Pertanian Dr. Ir. Dedie Tooy, M.Si mengungkapkan bahwa, Unsrat sangat siap untuk mendukung program pembangunan pertanian yang digagas oleh pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

    "Melalui kegiatan pendampingan teknologi pada petani," singkatnya.

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Perkuat Sektor Pertanian, OD-SK Berkolaborasi Dengan Unsrat Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top