• Berita Terbaru

    April 19, 2022

    elnusanews/com , April 19, 2022

    Wagub SK: Perencanaan Pembangunan Provinsi dan Kab/Kota Harus Sinkron



    SULUT,Elnusanews - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sulut Tahun 2023, Selasa (19/4/2022) bertempat di salah satu Hotel terkemuka di Manado.


    Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Gubernur Steven Kandouw mewakili Gubernur Sulut.


    Wagub Sulut itu mengatakan sejumlah hal yang perlu disikapi pemerintah daerah. Di antaranya terkait dengan target pusat yang ditetapkan untuk Bumi Nyiur Melambai. Target itu adalah Pertumbuhan Ekonomi 5-5,7 persen, angka kemiskinan 5,9 persen, tingkat pengangguran terbuka 6-6,5 persen dan gini ratio 0,355 serta Indkes Pembangunan Manusia berada di angka 74. 


    "Menurut hemat saya angka-angka itu rasional. Tapi untuk mencapainya perlu kerja keras. Kuncinya ada pada bapak ibu. Bukan hal yang main-main perlu kerja keras, baik pemerintah maupun masyarakat termasuk regulasi dari pemerintah pusat," kata Wagub Sulut itu.


    Selain itu, kata Wagub terkait dengan pariwisata jangan disampingkan. Pasalnya, pandemi Covid-19 yang mulai menurun diperkirakan tren liburan bakal mengalami kenaikan.


    "Reborn pariwisata harus kita sama-sama antisipasi. Tolong perencanaan ke depan pariwisata ini jangan dilupakan," bebernya.


    Sembari ia mengatakan Sulut juga memiliki potensi kerawanan. 


    "Oleh karenanya, didorong untuk kerja sama dengan TNI/Polri," pintahnya.


    Kata dia lagi, mudah - mudahan acara ini rencana pembangunan kita di 2023  boleh optimal output dan outcomenya. Betul-betul pemerintah provinsi dan kab/kota selaras. Akhirnya meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan, mengurangi kemiskinan, mengurangi ginirasio, meningkatkan indeks pembangunan manusia. Dan ini pasti jadi bagus," imbuhnya.


    Untuk itu dirinya ingatkan lagi kepada pemerintah kab/kota untuk tetap sinkronisasi dan bersinergi dengan pemerintah provinsi.


    "Karena sinkronisasi itu nomor satu," singkat mantan ketua DPRD Sulut itu.


    (ROKER)


    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Wagub SK: Perencanaan Pembangunan Provinsi dan Kab/Kota Harus Sinkron Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top