• Berita Terbaru

    April 20, 2022

    elnusanews/com , April 20, 2022

    Walikota Bangga Kakaskasen Dua Masuk 500 Besar ADWI 2022



    SULUT,Elnusanews - di ajang ADWI tahun 2022 ada 3.419 desa wisata dari 34 Provinsi di Indonesia yang terjaring masuk.

    Salah satunya Kelurahan di Kota Tomohon yakni Kelurahan Kakaskasen Dua masuk 500 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Indonesia.

    Dari data yang diperoleh media ini, 8 desa di  Sulut yang masuk ADWI 2022 itu salah satunya Kelurahan Kakaskasen Dua Kota Tomohon.



    Walikota Tomohon Caroll Senduk menyampaikan puji syukur  dan bangga salah satu kelurahn yang ada di Kota Tomohon yakni kelurahan kakaskasen dua yang masuk dalam 500 besar ADWI tahun 2022 Kemenparekraf.

    “Mudah-mudahan dan besar harapan pemerintahaan CSWL, satu kelurahan wisata di Tomohon tersebut bisa lolos di babak berikutnya dan menjadi yang terbaik dari sejumlah desa wisata yang ada di Indonesia” ungkap Walikota Caroll Senduk, Rabu (29/4/2022) kepada elnusanews.com.

    Caroll sapaan akrabnya berpesan pun kepada kelurahan-kelurahan lainnya di kota Tomohon tetap meningkatkan potensi kelurahan masing-masing dan menciptakan inovasi dalam upaya mendukung setiap program CSWL di sektor pariwisata.

    “Ayo ciptakan kelurahan yang berbasis wisata untuk mendukung ekonomi nasional demi kesejahteraan masyarakat semuanya,” pintah Walikota Caroll Senduk itu.

    Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Indonesia, Sandiaga Salahudin Uno mengatakan, demi meningkatkan ekonomi nasional dalam mewujudkan desa wisata yang berkelas dunia, berdaya saing global dan berkelanjutan untuk Indonesia bangkit.

    Sandiaga menerangkan, terjaringnya 500 besar desa wisata dalam ajang ADWI tahun 2022 tersebut berdasarkan penilaian dewan juri terhadap 7 kategori penilaian klasifikasi desa wisata, dan kelengkapan data melalui Jejaring Desa Wisata (Jadesta).

    “Selamat kepada 500 besar desa wisata dalam ajang ADWI tahun 2022. Jadikan pencapaian ini sebagai motivasi untuk terus tetap mengembangkan desa wisata yang berkualitas dan berkelanjutan untuk Indonesia Bangkit” ucapnya.

    Dan kepada seluruh desa wisata yang belum lolos 500 besar desa wisata tahun 2022, Sandiaga berpesan, tetap terus tingkatkan inovasi, adaptasi dan kolaborasi melalui pengisian data di website Jadesta sebagai wadah dan arah Kemenparekraf dalam penyusunan rencana pengembangan desa-desa wisata di seluruh Indonesia.

    “Ayo kita terus gali potensi desa wisata di seluruh Indonesia sebagai simbol kebangkitan ekonomi nasional demi kesejahteraan rakyat untuk Indonesia Bangkit,” pesannya.

    Di Sulut sendiri ada 8 desa dan 1 kelurahan yang masuk 500 besar ADWI 2022 yakni : 


    Kabupaten Minahasa: 


    1.Desa wisata Poopoh

    2.Desa wisata Tincep


    Kabupaten Minut :


    3.Desa wisata Gangga Satu

    4.Desa Wisata Palaes

    5.Desa Wisata Paputungan

    6.Desa Wisata Sawangan

    7.Desa Wisata Bulo

    8. Desa Wisata Tumaluntung


    Kota Tomohon :


    9.Kelurahan Kakaskasen Dua


    (ROKER)



    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Walikota Bangga Kakaskasen Dua Masuk 500 Besar ADWI 2022 Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top