• Berita Terbaru

    February 06, 2023

    elnusanews/com February 06, 2023

    Pesta Adat Tulude Jemaat Kolom 5 Berlangsung Meriah


    MANADO,Elnusanews-- Jemaat GMIM Betania Malendeng kolom 5, Kecamatan Pall 2, Kota Manado, menggelar Pesta Adat Tulude, yang  bertempat di lapangan samping rumah Dinas  Kejaksaan malendeng, Minggu (5/1/2023) sore tadi.

    Nuansa serba adat istiadat Nusa Utara (Sangihe, Sitaro dan Talaud) tampak mewarnai pesta adat tulude jemaat kolom 5, mulai dari kue adat Tamo Raja yang diarak-arakan dari rumah Diaken I Putu Bidiasa menuju ke bangsal tempat acara adat berlangsung. Acara kemudian dibuka dengan ibadah yang dipimpin langsung oleh Ketua Jemaat GMIM Betania Malendeng Pdt. Kariane R.M Kuhon S.Th.


    Seusai ibadah, dilanjutkan dengan prosesi pemotongan kue adat tamo. Bertindak sebagai Petua Adat, Forgam Lumele yang juga sebagai eksekutor pemotong kue adat tamo raja dan pembaca doa, juga sekaligus permohonan yang dipanjatkan untuk sang pencipta.

    Lurah Malendeng Anwar Halidu, S.Pi  menuturkan, Pemerintah sangat mengapresiasi dan bangga dengan perayaan sukuran Tulude Jemaat kolom 5 Betania Malendeng sehingga bisa sukses digelar dan dapat terus dipertahankan.


    “Tulude merupakan budaya adat leluhur secara turun-temurun yang tetap harus kita semua jaga dan lestarikan. Sebab ini dapat mendukung kita bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan nantinya," beber Lurah 

    Sementara itu Penatua Kolom 5 Maria Takaweang didampingi Diaken I Putu Budiasa, dan Ketua Panitia kegiatan Benhard Talungseke dalam sambutannya menyampaikan banyak terimakasih kepada Tuhan karena atas penyertaannya, sehingga perayaan Tulude jemaat kolom 5 Betania Malendeng dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

     "Terimakasih disampaikan untuk Pak Lurah dan Kepala Lingkungan I yang sudah mengikuti perayaan acara adat Tulude kolom 5 ini. Terimakasih juga untuk Anggota Dewan Diaken Yanti Kumendong S.Pd  yang menyempatkan diri hadir di acara adat ini. Terimakasih banyak juga untuk anggota jemaat kolom 5 yang mulai dari awal bersama membantu dalam persiapan pembutana kue adat tamo hinga selesai dan mensukseskan pesta adat Tulude ini dengan baik dan aman,” kata Talungseke dengan sangat terharu.

    Pelaksanaan pesta adat Tulude Jemaat kolom 5 ini mendapat respon yang sangat baik dari Ketua Komunitas Milenial Ambor Family (AF) Randykha Rendy Talungseke yang juga sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini, bagusnya anak-anak kaum muda milenial yang ambil bagian dalam setiap kegiatan kebudayaan seperti ini. "Pelaksanan Pesta Adat Tulude harus terus dilestarikan serta dibudayakan, apalagi bagi kalangan muda. Pesta adat ini merupakan warisan dari nenek moyang kita terdahulu dan wajib untuk kaum muda terlibat langsung,” kata Randy yang slalu dekat dengan anak-anak milenial di kompleks malendeng Lingkungan I. 

    Turut hadir dalam acara tersebut, Lurah Malendeng Anwar Halidu S.Pi, Pala Lingkungan I Rifandy Badasi, Anggota Dewan Diaken Yanti Kumendong S.Pd, Pelsus Jemaat GMIM Betania Malendeng, Anggota Jemaat kolom 5, dan masyarakat Lingkungan I. (Tommy)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pesta Adat Tulude Jemaat Kolom 5 Berlangsung Meriah Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top