• Berita Terbaru

    November 01, 2015

    elnusanews/com , November 01, 2015

    ASBAPSU Gelar Kontes Batu Akik, Badar Perak "EREKE" dari Buton Rebut Piala Bergilir Sumarsono

    SULUT,ELNUSANEWS - Batu akik badar perak "Ereke" dari Buton Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra) yang merupakan milik Reinaldo Regar (Dodok), merebut Piala Bergilir Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) DR. Sumarsono MDM, di lomba dan kontes batu akik yang digelar Asosiasi Batu Akik dan Permata Sulawesi Utara (ASBAPSU), di kawasan Manado Touws Square (Mantos).

    Penyerahan piala bergilir tersebut, diserahkan Ketua ASBAPSU Jemmy Ringkuangan, didampingi Penasehat ASBAPSU Benny Kalonta, atas nama Gubernur Sumarsono, Sabtu (31/10).

    Dalam sambutannya, Ringkuangan mengatakan, atas nama Pemprov Sulut dan Gubernur Sumarsono, memberi apresiasi positif atas kegiatan ini. Diharapkan, batu akik di Sulut akan semakin maju dan bisa bersaing dengan batu akik dikancah nasional maupun internasional.

    "Saya apresiasi semua yang terlibat, sehingga pelaksanaan pameran dan kontes batu akik berlangsung sukses," ucap Ringkuangan.
    Lanjutnya, kegiatan ini yang sekaligus mampu memberdayakan UMKM. Selain itu, mengangkat potensi kesejahteraan masyarakat.

    "Kita angkat batu akik di Sulut sehingga mampu bersaing dengan batu akik daerah lain," ucap Ringkuangan sembari berharap di kegiatan kedepan nanti, pameran dan kontes batu akik akan lebih baik lagi.

    "Apalagi untuk piala bergilir Gubernur ini, akan kita laksanakan setiap tahun selama tiga tahun kedepan," tukasnya.

    Disisi lain, Ringkuangan yang kesehariannya sebagai Kepala Biro Umum Sulut, menyatakan, akan berupaya untuk fasilitasi berbagai persiapan sarana dan prasaranan, untuk alat kelengkapan pembuatan batu akik, sehingga batu akik akan lebih modern.

    "Supaya kualitas batu akik lebih baik, dan nilai ekonomis akan lebih tinggi. Saya berharap juga, kekompakan semua pihak terutama pengrajin dan pemerhati batu akik di Sulut, supaya bisa membangun industri batu akik. 

    Saya pesan untuk pengurus serta anggota ASBAPSU, kita upayakan rangkul semua pengrajin di Sulut. Fondasi kebersamaan akan sangat kuat, sehingga industri kecil batu akik akan menjadi industri besar," kata Ringkuangan.

    Ia menambahkan, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan instansi terkait, guna penyediaan lokasi pameran tersendiri batu akik.

    "Supaya akan menjadi daya tarik wisatawan yang datang ke Sulut. Sehingga orang luar yang datang, akan tahu dimana tempat jual batu akik," pungkasnya.

    Sementara Ketua Harian ASBAPSU Charles Inkiriwang, mengatakan, dalam kegiatan ini dilakukan berbagai lomba batu akik.

    Inilah para pemenang lomba: 
    Kategori Liontin: 
    Juara I: Dodo (Ereke - Sultra).
    Juara II: Andre Link (Likupang).
    Juara III: Oboth (Jabar).

    Kategori Cincin Motif: 
    Juara I: Avatar Gemstone (Doko).
    Juara II: Danny P (Minsel).
    Juara III: Dodo (Ereke - Sultra).

    Kategori Cincin Panca Warna:
    Juara I: Oboth. (Klawing - Jabar).
    Juara II: Hoe Kem Tian (Likupang).
    Juara III: Ronal Gemstone (Likupang).

    Kategori Cincin Satu Warna: 
    Juara I: Ronal Gemstone (Obi).
    Juara II: Ilham (Obi).
    Juara III: King Gamstone (Nawacita - Sangihe).
    Juara Umum: Dodo (Minut). 

    (ROKER)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: ASBAPSU Gelar Kontes Batu Akik, Badar Perak "EREKE" dari Buton Rebut Piala Bergilir Sumarsono Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top