• Berita Terbaru

    October 31, 2019

    elnusanews/com October 31, 2019

    Bupati dan Wabup Minahasa Hadiri AIS 2019 di Manado

    MANADO, Elnusanews - Bupati Ir Royke O Roring MSi (ROR) dan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi (RD) menghadiri kegiatan Forum Negara Kepulauan dan Negara Pulau (Archipelagic and Island State (AIS) Forum), di pohon kasih, Kawasan Mega Mas, Manado, Kamis (31/10/2019).

    ROR-RD hadir guna memberikan dukungan sekaligus ingin meraup peluang investasi di bidang kemaritiman bagi Kabupaten Minahasa. Kegiatan AIS ini sendiri dilaksanakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, 30 Oktober-1 Novenber 2019.

    Kegiatan kali ini sedikit berbeda dengan penyelenggaraan forum AIS tahun lalu, dimana tahun ini Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) juga menyelenggarakan forum 1000 Startup Digital bertajuk “ Ignite the Blue ”.

    Kegiatan ini digelar disela-sela Pertemuan Tingkat Pejabat Tinggi dan Pertemuan Tingkat Menteri AIS Forum.

    Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B Pandjaitan hadir langsung membuka kegiatan tersebut.

    “Saya dari Kemenko Bidang Kemaritiman dan investasi tentunya juga akan selalu mendukung secara maksimal perkembangan startupdi Indonesia dan mendorong pembentukan startupyang terkait sektor kemaritiman,” ujarnya.

    Menurut Luhut, dengan semakin banyaknya startup Kemaritiman di masa datang, potensi sektor maritim yang besar juga akan ikut berkembang. Konsep acara tersebut adalah untuk memberikan peluang berbagi pengetahuan dan pengalaman di antara komunitas digital, sehingga diharapkan mereka dapat semakin maju dan berkembang.

    Selain adanya even 1.000 Startup Digital, dalam rangkaian pertemuan AIS Forum, juga digelar beberapa even lain secara paralel yakni seminar tentang Blue Economy, workshop tentang pariwisata kelautan berkelanjutan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), serta sharing pengalaman dari berbagai usaha rintisan (startup) serta kegiatan bersih pantai Karangria oleh 300 pegawai seluruh satuan kerja di Pemprov Sulawesi Utara, pelajar dan komunitas masyarakat.

    Tak hanya itu, sebelum dan sesudah event utama pada tanggal 30 Oktober-1 November 2019 pemerintah juga menggelar kegiatan lain yakni pelatihan manajemen ekowisata oleh Kemlu yang digelar pada tanggal 25-26 Oktober 2019, seminar tentang tantangan terhadap terumbu karang, perikanan serta ketahanan pangan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan pada tanggal 29 Oktober 2019, serta Manado Startup Weekend pada tanggal 1-3 November 2019.

    Selain itu, juga diadakan pameran berbagai produk bertema Smart and Innovative Solution dalam kerangka AIS Forum. Pameran menghadirkan 70 exhibitor dan dihadiri lebih dari 2000 pengunjung.


    (Jonly bamz)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bupati dan Wabup Minahasa Hadiri AIS 2019 di Manado Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top