• Berita Terbaru

    October 22, 2019

    elnusanews/com October 22, 2019

    Optimalkan Program OD-SK, Dinas Perkebunan Sulut Lahirkan Terobosan Inovatif

    Kadisbun Sulut Refly Ngantung.
    SULUT,Elnusanews - Terobosan Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw untuk mendorong kesejahteraan petani, khususnya disektor perkebunan, terus terlihat.
    Hal ini dibuktikan dengan upaya menggenjot produktivitas varietas kelapa unggulan baru ODSK Lobu (Operasi Daerah Sukseskan Kelapa Lobu) oleh Dinas Perkebunan (Disbun) Sulut yang dipimpin Refly Ngantung.

    Jenis kelapa unggulan ini diklaim lebih produktif karena dapat menghasilkan kelapa dengan kadar minyak yang lebih tinggi, apalagi merupakan hasil kerjasama Pemprov Sulut dengan Balai Penelitian Kelapa dan Tanaman Lain (Balitpalma).

    Selain varietas kelapa OD-SK Lobu, Disbun Sulut bersama Balitpalma juga terus melakukan penelitian untuk mencari varietas-varietas unggulan lainnya yang dapat meningkatkan hasil produksi petani.

    Terkait anjloknya harga kopra, Ngantung mengatakan pihaknya memiliki solusi dengan memproduksi berbagai turunan dari kelapa.

    “Solusinya seperti mengolah kelapa menjadi minyak kelapa. Dan ini merupakan alternatif untuk meningkatkan nilai tambah kelapa,” ujar Ngantung, Selasa (22/10/2019).

    Ditambahkannya, sehubungan hal tersebut, pemerintah OD-SK telah mengalokasikan  anggaran tahun 2019 sebesar Rp 14 Miliar untuk membangun unit pengolah minyak kelapa sebanyak 37 unit.

    “Saat ini telah selesai dibangun 18 unit dan sudah mulai memproduksi minyak kelapa. Sedangkan pada akhir desember 37 unit tersebut sudah terbangun dan berproduksi. Ini merupakan respon atas program Operasi Desa Sukses Kelapa (OD-SK),” jelasnya.
    Selain itu, peningkatkan produktivitas tanaman perkebunan juga terus dilaksanakan melalui beberapa langkah, diantaranya intensifikasi, pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT), pengembangan perbenihan, peremajaan hingga pelatihan dan pembimbingan teknis petani.
    Terkait intensifikasi, Dinas Perkebunan telah melakukannya pada tanaman kakao, aren, cengkeh, pala serta rehabilitasi tanaman kopi.
    Peningkatan produktivitas tanaman perkebunan juga dibarengi kegiatan kompetensi petani dengan menggelar pelatihan petani dan pelaku agribisnis yang rutin dilaksanakan.

    Tak sampai disitu, guna mengoptimalkan pengolahan, Disbun Sulut bahkan rutin menyalurkan bantuan unit pengolahan hasil.

    Selain beberapa hal diatas, pemerintahan OD-SK pun melakukan terobosan inovatif untuk meningkatkan kesejahteraan petani, diantaranya :

    Konservasi lahan melalui pembuatan rorak,

    Pengembangan optimasi lahan tanaman kopi.

    Pembangunan embung untuk konservasi air.

    Membangun sumur resapan untuk lahan cengkeh.

    Perbenihan, peremajaan, rehabilitasi dan intensifikasi.

    Perluasan areal perkebunan.

    Pengembangan wilayah-wilayah tanaman perkebunan.

    Peremajaan dan pelatihan untuk pengolahan minyak kelapa.

    Bantuan alat pengering cengkeh.

    “Semua terobosan ini dilakukan guna mendukung program Nawacita dari Presiden Joko Widodo dan visi misi pak Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw, yakni Terwujudnya Sulawesi Utara Berdikari Dalam Ekonomi, Berdaulat Dalam Pemerintahan dan Politik, serta Berkepribadian Dalam Budaya,” tutupnya. 


    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Optimalkan Program OD-SK, Dinas Perkebunan Sulut Lahirkan Terobosan Inovatif Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top