• Berita Terbaru

    February 05, 2020

    elnusanews/com , February 05, 2020

    Ini Capaian Kinerja 4 Tahun Kepemimpinan ODSK di Sektor Pendidikan


    SULUT,Elnusanews - Kepala Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulut, dr Grace Punuh mengatakan berbagai langkah srategis telah di wujudkan dalam menjalankan misi pemerintah Sulawesi Utara sekarang ini. Strategi dengan semangat Gerakan Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK) terbukti mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Daerah Nyiur melambai ini.
    Kepala Dinas Pendidikan Sulut, dr Grace Punuh.
    "Dalam dunia pendidikan pada umumnya terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Sejak kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey,SE sudah 4 penghargaan tingkat nasional yang kantongi yaitu
    Penghargaan Anugerah Kihajar selama 3 tahun (2017, 2018, 2019) dan Rekor Muri Gubernur Mengajar (2018). Ini merupakan bukti keseriusan pemerintah dalam peningkatan mutu pendidikan di Provinsi Sulawesi Utara," tutur Grace Punuh kepada elnusanews.com, Rabu (5/2/2020).
    Lanjut Punuh, selang pemerintahan 4 tahun kepemerintahan ODSK, grafik angka putus sekolah mengalami penurunan hingga 68 %. Pemerintah terus memacu dengan berbagai program strategis untuk menuntaskan angka putus sekolah di provinsi ini.
    "Selain meningkatkan anggaran pembangunan fisik, pembangunan SDM juga terus di tingkatkan dengan peningkatan program Beasiswa, pelatihan dan lain-lain," ujarnya.

    Perkembangan paradigma dunia pendidikan kini juga turut menjadi perhatian, kini banyak lulusan tapi belum mampu menjamin untuk terserap dalam dunia kerja apa lagi membangun dunia kerja. Ini menjadi tantangan tersendiri yang harus di temukan solusinya. dengan melihat perkembangan dunia kerja kini sudah sangat menuntut kompetensi keahlian, maka pemerintah terus memacu kualitas peserta didik dengan
    meningkatkan integritas Ujian Nasional hampir mencapai 100% dengan asumsi bahwa sekolah di Sulawesi
    Utara menghasilkan lulusan sesuai dengan Standar Nasional.
    Dari tahun ke tahun pemerintah berupaya mengurangi sekolah yang melaksanakan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) dan meningkatkan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), bahkan di tahun pelajaran 2018/2019 Pelaksananan UNBK di tingkat SMA / SMK sudah mencapai hampir 100%. Dengan berbagai keterbatasan sarana dan jaringan Internet yang belum terjangkau 100%, tetapi berbagai upaya pemerintah terus mendorong termasuk dengan memberikan bantuan komputer dan jaringan internet ke 100 sekolah hingga mampu melaksanakan UNBK Pemerataan pendidikan juga turut menjadi perhatian, selain menghilangkan stigma sekolah Favourite di beberapa sekolah, juga memberikan kesempatan yang sama kepada semua warga Sulawesi utara untuk menempuh pendidikan di semua sekolah negeri di Sulawesi Utara, maka pemerintah menerapakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online di tingkat SMA/SMK. Berawal hanya di terapkan di 37 sekolah di 4 Kab/Kota (Tahun 2017) kemudian berkembang menjadi 159 sekolah di semua Kab/Kota (tahun 2018) dan berkembang
    dengan menerapkan sistem Zonasi di tahun 2019 dengan jumlah sekolah yang sama dengan tahun 2018.
    Berikut berbagai capaian ODSK di bidang pendidikan Pencapaian IPM (Indeks Pembangunan Manusia) adalah 72.2 di atas rata rata Nasional yaitu 71.39 APK dan APM meningkat dengan capaian 102,66%, 92% dari 3383 Sekolah Terakreditasi Trend Alokasi Anggaran Pendidikan dari 2016 - 2019 Naik 13,2 %.

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ini Capaian Kinerja 4 Tahun Kepemimpinan ODSK di Sektor Pendidikan Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top