• Berita Terbaru

    February 04, 2020

    elnusanews/com , February 04, 2020

    OD-SK: Biar Orang PDIP Tapi Tetap Mau Pakai Warna Adat Yaitu Kuning

    SANGIHE,Elnusanews - Ada yang menarik dari kunjungan kerja Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dan Wagub Drs Steven Kandouw di Nusa Utara. Puluhan tahun berkutat dengan warna merah (baca: ciri khas PDI-Perjuangan, tak membuat Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dan Wagub Drs Steven Kandouw anti warna lain seperti kuning yang tak lain adalah warna khas Partai Golkar. Ya, saat menghadiri upacara Adat Tulude di dua kabupaten kepulauan Sangihe dan Sitaro baru-baru ini, kedua pemimpin yang memang diusung partai besutan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri itu, mengenakan busana ada Nusa Utara yang khas warna kuning.
    Wagub yang dikonfirmasi terkait hal ini, menjelaskan bahwa sebagai pemimpin Sulut, baik Gubernur maupun Wakil Gubernur adalah pemimpin bagi seluruh rakyat Sulut tanpa mengenal suku, agama, dan ras. “Ini merupakan kearifan lokal yang harus kita jaga dan terus lestarikan,” jawab mantan Ketua DPRD Sulut ini.
    ODSK sangat menghargai kearifan lokal Nusa Utara. “Karena itu, biar orang PDIP tapi tetap mau pakai warna adat yaitu kuning,” aku Kandouw yang dalam struktur organisasi DPD PDI-Perjuangan Sulut dipercaya pada jabatan sebagai Wakil Ketua Bidang Organisasi, dan juga Ketua Bappilu PDI-Perjuangan Sulut.
    Sebagaimana diketahui, pada Upacara Adat Tulude Kabupaten Sangihe yang digelar di Pendopo Rudis Bupati di Tahuna, Jumat 31 Januari 2020, OD-SK yang didampingi istri tercinta Ny Ir Rita Dondokambey-Tamuntuan serta Ny dr Devi Kandouw-Tanos, MARS,
    bersama Buoati Sangihe Jabes Gaghana, Wabup Helmud Hontong, dan Sekprov Edwin Silangen SE MS, mengikuti semua prosesi adat dengan pakaian adat Sangihe, selama hampir 3 jam.
    Begitu juga saat menghadiri Upacara Tulude Kabupaten Sitaro yang dipusatkan di Lapangan Akesambeka Ulu Siau, Sabtu 1 Februari 2020, Wagub Kandouw juga mengenakan pakaian adat setempat yang dominan berwarna kuning. Saat itu, bersama Bupati Sitaro Eva Sasingen, Wabup John Palandung, juga Sekprov Edwin Silangen, Wagub mengikuti semua upacara ada dengan penuh khidmat.

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: OD-SK: Biar Orang PDIP Tapi Tetap Mau Pakai Warna Adat Yaitu Kuning Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top