• Berita Terbaru

    February 06, 2020

    elnusanews/com February 06, 2020

    Waduhh...!!! Rabies di Minut Mencapai 850 Kasus

    MINUT, Elnusanews-- Kasus gigitan anjing rabies di Kabupaten Minut, bisa dikatakan cukup tinggi. Buktinya, sesuai data Dinas Kesehatan (Dinkes) Minut sepanjang tahun 2019, gigitan anjing rabies di daerah itu sudah mencapai 850 kasus.

    "Dari jumlah tersebut, 2 kasus meninggal karena gigitan anjing rabies akibat terlambat ditangani lewat pemberian vaksin," ujar Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Minut, Handri Ratuwongo kepada wartawan belum lama ini.

    Dirincikan Ratuwongo, kasus gigitan anjing gila terbanyak terdapat di Likupang sebanyak 130 kasus, disusul Kolongan 124 kasus, lalu Talawaan 87 kasus dan Kema 74 kasus.

    Dalam data Dinkes juga menyatakan ada 13 kasus kontak dari 2 korban. "13 orang ini ikut diberikan vaksin anti rabies atau VAR karena kemungkinan telah terkena muntahan atau dicakar dari korban meninggal," jelasnya.

    Diakui Ratuwongo, Minut belum memiliki balai uji untuk pemeriksaan hewan terkena virus rabies. Alhasilnya, warga harus ke Kalasey Kabupaten Minahasa untuk menguji sampel sebelum melakukan suntikan VAR. "Di Sulut memang baru di situ dan belum ada di daerah kabupaten kota lain," tandasnya.

    Ditanya soal ketersediaan stok vaksin anti rabies, Ratuwongo mengatakan jika pada awal tahun ini masih akan mengandalkan pengadaan dari Pemprov Sulut. Di Minut sendiri masih dalam tahap pemesanan.

    "Tahun ini belum ada karena masih ditanggulangi oleh provinsi. Namun tahun kemarin kami siapkan 750 vaksin anti rabies," jelasnya seraya menambahkan jika Minut perlu Perda untuk penanganan anjing liar. (Tommy)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Waduhh...!!! Rabies di Minut Mencapai 850 Kasus Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top