• Berita Terbaru

    August 26, 2020

    elnusanews/com August 26, 2020

    Berbandrol 96 M, Stella Runtuwene Soroti Anggaran Pengadaan Peralatan Lab dan Pembangunan Sekolah

    Foto : Stella Runtuwene

    DEPROV,Elnusanews -- Besarnya anggaran untuk pengadaan peralatan laboratorium dan pembangunan 1 unit sekolah SMK yang berbandrol total 96 Miliar, disoroti oleh personil Badan Anggaran (BANGGAR) DPRD Sulut Stella Runtuwene.

    Menurutnya, anggaran yang ditata dalam KUA-PPAS Perubahan 2020 tersebut terlalu besar.

    "Disini ada anggaran untuk pengadaan peralatan praktek yang saya rasa ini kalau untuk peralatan laboratorium kalau angkanya sudah di 64 miliar ini untuk apa dibuat hingga angkanya segede ini? Ini anggaran yang besar sekali pak," tegas Runtuwene saat Banggar DPRD Sulut melakukan rapat pembahasan KUA-PPAS Perubahan Tahun 2020 dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). Selasa (25/08/20) sore. 

    Politisi NasDem ini juga mempertanyakan proses pembuatan buku rancangan KUA-PPAS apakah sudah diperiksa dengan baik atau tidak.

    "Apakah disaat pembuatan laporan ini dan dicetak apakah sudah diperiksa atau tidak. Apakah ini langsung dicetak saja? Apakah masukan dari SKPD yang ada kita tidak perhatikan angka-angkanya? yang saya baca satu persatu ini tidak masuk akal. Karena ini pengadaan alat praktek saja sudah 64 miliar," tegasnya.

    Begitu juga soal pembangunan 1 unit sekolah SMK yang berbandrol 32 miliar, personil komisi III ini juga pertanyakan rincian penganggaran yang tidak tercantum dalam buku tersebut.

    "Dan juga pembangunan sekolah, memang untuk pembangunan sekolah dirancangan KUA-PPAS ada 1 unit, apakah 1 unit ini apakah 1 kelas atau 1 sekolah? Sekolah ini SMK. Karena di dalam buku KUA PPAS ini tidak diperinci. Karena jika kita hitung hitungan angka, angkanya tidak sampai sebesar ini," tanya Runtuwene.

    Dirinya pula mengingatkan agar dalam pembuatan Rancangan KUA-PPAS kiranya diperhatikan rasionalisasi anggaran.

    "Jadi masukan saya, sebelum angka-angka ini dicantumkan di dalam Rancangan KUA PPAS ada baiknya kita perhatikan lagi masuk akal atau tidak," tandasnya.

    Menanggapi hal tersebut, Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Edwin Silangen mengatakan, untuk peralatan praktek dan bangunan sekolah anggaran sudah diberikan oleh pemerintah pusat lewat Dana Alokasi Khusus (DAK).

    "Untuk peralatan praktek dan bangunan sekolah ini kita Given (Diberikan,red). Ini DAK yang diterima dari jakarta. Khusus untuk Diknas tidak ada recofusing yang peralatan sekolah dan pembangunan sekolah. Jadi sudah dihitung dari jakarta kita tinggal melaksanakan di daerah ini," tandas Silangen yang juga merupakan Sekretaris Daerah provinsi Sulut. (RaKa)


    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Berbandrol 96 M, Stella Runtuwene Soroti Anggaran Pengadaan Peralatan Lab dan Pembangunan Sekolah Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top