• Berita Terbaru

    August 25, 2020

    elnusanews/com , August 25, 2020

    di Era Pandemi, Olly Bangga Masih Ada Komoditas Pertanian Sulut Yang Diekspor

    Gubernur Sulut Olly Dondokambey.
    SULUT,Elnusanews - Pandemi Covid-19 bukan halangan bagi Sulawesi Utara untuk terus menggerakkan ekonominya. Salah satu giat hebat, ketika Gubernur Sulut Olly Dondokambey melepas Ekspor Komoditas Pertanian asal Bumi Nyiur Melambai senilai 47,8 Miliar ke 15 Negara, Selasa (25/08/2020) .
    Gerakan hebat mempercepat pemulihan ekonomi di tengah pandemi ini mengusung jargon “Merdeka Ekspor” yakni melepas komoditas pertanian asal Sulawesi Utara ke luar negeri bertempat di Balai Karantina Pertanian Kelas I Manado.
    Gubernur Olly juga menyatakan, Merdeka Ekspor tersebut menjadi momentum kebersamaan dalam memperjuangkan Bitung menjadi Pelabuhan Hub Internasional, yang akan melengkapi upaya menjadikan Provinsi Sulawesi Utara sebagai daerah yang berdikari dalam ekonomi, serta eksis dalam menjadi pintu gerbang Indonesia di kawasan Pasifik.
    Olly menambahkan, di tengah resesi global saat ini, tetap harus disyukuri karena bangsa Indonesia masih dikaruniai hasil pertanian dan perikanan melimpah, bahkan hasil pertanian dan perikanan melimpah itu menjadi penopang ekonomi di tengah pandemi.
    ”Berdasarkan rilis BPS, PDB Pertanian menjadi penyumbang tertinggi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, dimana PDB Pertanian tumbuh 16,24% pada triwulan II 2020 di saat sektor lain negatif. Sedangkan untuk ekspor Pertanian Indonesia per Juni 2020 mengalami peningkatan 24,11% jika dibandingkan Juni tahun 2019.
    Gubernur Olly juga menyatakan syukur, karena di tengah pandemic perekonomian Sulawesi Utara yang mengandalkan sektor pertanian, perkebunan dan perikanan terbukti tumbuh positif di atas pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal lalu..
    Lanjut Gubernur, berdasarkan rilis BPS nilai ekspor Sulawesi Utara semester I tahun 2020 mengalami kenaikan 17,82%. Demikian juga berdasarkan data Iqfast Barantan,dimana ekspor pertanian Sulawesi Utara sampai Juni
    2020 tumbuh (meningkat) meski di tengah pandemi, dan telah diekspor ke 46 Negara tujuan dengan 25 ragam komoditas. Kegiatan “Merdeka Ekspor” melalui Pelepasan Ekspor Komoditas Pertanian Sulawesi Utara ini diprakarsai Balai Karantina Pertanian Kelas I Manado Badan Karantina Pertanian, dalam rangka mendukung program strategis Kementerian Pertanian Republik Indonesia, khususnya GRATIEKS (Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor), dan merayakan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia.
    ”Saya mengucapkan terima kasih sekaligus memberikan apresiasi kepada jajaran Balai Karantina Pertanian Kelas I Manado, Kantor Wilayah Bea dan Cukai Sulawesi Bagian Utara, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Bitung, PT Pelindo IV (Persero) Cabang Bitung, serta Agen Pelayaran dan Pelaku Usaha di Sulawesi Utara, atas sinergitasnya dalam pelaksanaan kegiatan Merdeka Ekspor ini," pungkasnya. (ROKER/*)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: di Era Pandemi, Olly Bangga Masih Ada Komoditas Pertanian Sulut Yang Diekspor Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top