• Berita Terbaru

    August 27, 2020

    elnusanews/com August 27, 2020

    VAP Kans Kuat Calon Gubernur Potensial

    MANADO, Elnusanews-- Pertarungan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Sulawesi Utara (Sulut) semakin hangat. Nama Dr. (HC) Vonnie Anneke Panambunan S.Th (VAP) semakin melejit.

    Bahkan VAP yang sementara menjabat sebagai Bupati Minahasa Utara (Minut) ini adalah satu-satunya calon yang dinilai mampu mengalahkan petahana.

    Dari hasil survei di Sulut pertengahan bulan Agustus 2020, Citra Politik Indonesia menemukan dua calon Gubernur Sulut yang berpotensi memenangkan Pilkada Sulut, yakni: Olly Dondokambey SE (42,2%) dan Dr (HC) Vonnie Anneke Panambunan STh (24,4%).

    Dari analisis top mind, simulasi calon terbuka, simulasi 5 calon, dan 3 calon, sangat terlihat VAP adalah calon potensial mengalahkan OD, 9 Desember nanti.

    Selisih antara OD dan VAP mulai dari Top mind sampai simulasi 3 calon Gubernur, hanya 18-20%. Pilkada masih menyisahkan waktu 4 bulan dari saat survei dilakukan.

    Incumbent dengan selisih tidak lebih 20% dari penantangnya berada pada situasi yang rumit, dan berpotensi untuk dikalahkan.
    Popularitas dan kedisukaan OD dan VAP tidak jauh beda.

    Di banyak pengalaman Pilkada, makin mendekati hari pelaksanaan Pilkada, maka keterpilihan dan kedisukaaan incumbent akan mengalami penurunan.

    Hal ini juga terlihat di Pilkada Sulut. Jika VAP bekerja bersosialisasi dengan efektif, VAP sangat berpotensi memenangkan Pilkada Sulut. Dan bukan hal yang tidak mungkin, November 2020, VAP akan melewati Incumbent (OD).

    Karena kenaikan elektabilitas VAP di Bulan Agustus cukup siginifikan, sekitar 11% dari survei yang dilakukan Citra Politik Indonesia di Bulan Maret 2020.

    Sementara posisi Christiani Eugenia Paruntu (CEP) tidak banyak berubah hanya naik 2% dari Bulan Maret 2020. (Tommy)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: VAP Kans Kuat Calon Gubernur Potensial Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top