• Berita Terbaru

    August 17, 2020

    elnusanews/com , August 17, 2020

    Ditengah Pandemi, Pemprov Sulut Sukses Gelar Perayaan 75 Tahun Indonesia Merdeka (Bag-1)


    SULUT,Elnusanews - Perayaan Hari Kemerdekaan RI biasanya tahun tahun sebelumnya digelar dengan meriah, Namun perayaan 17-an tahun ini berbeda dari biasanya, sebab masih dalam masa pandemi virus corona Covid-19.

    Upacara peringatan detik-detik proklamasi tanggal 17 Agustus tahun 2020 di lingkup Pemprov Sulut dipimpin langsung oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey sebagai inspektur upacara (Irup), Senin (17/8/2020) Tepatnya di Halaman Kantor Gubernur Sulut.
    Gubernur Olly mengatakan selama empat tahun pemerintahan kita, upacara 17 Agustus kita laksanakan di tengah-tengah pandemi covid 19 ini.
    "Jadi ini merupakan sejarah baru. Mudah-mudahan tahun depan covid sudah berakhir. Tak mungkin lagi kita memakai masker dalam menggelar upacara HUT RI. Ini hal yang khusus tahun ini kita melaksanakan upacara 17 Agustus hari raya kemerdekaan ke 75," kata Gubernur Olly saat diwawancara awak media, usai pimpin upacara di lingkup Pemprov Sulut.

    Saat digelar upacara terbatas dan menerapkan Protap Protokol Kesehatan Covid-19, nampak hadir jajaran Forkopimda, Ketua DPRD Andrei Angouw, Ketua TP PKK Sulut Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, Wakil Gubernur Drs Steven OE. Kandouw, Wakil Ketua TP PKK dr Kartika Devi Kandouw-Tanos MARS, Sekdaprov Edwin Silangen SE MS, para pejabat Pemprov Sulut, anggota Legiun Veteran, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan kalangan pelajar.
    Upacara inipun berlangsung penuh khidmat, sekalipun dilaksanakan secara terbatas, akibat pandemi Covid-19 dan Letkol Inf. Slamet Raharjo S.Sos MSi bertindak sebagai Komandan Upacara (DanUp).

    Pembacaan Teks Proklamasi dilakukan Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, sedangkan pengibaran bendera merah putih dilakukan 10 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), yang khusus dipilih karena kondisi pandemi Covid-19.
    Selesai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan tanda penghargaan oleh BPS (Badan Pusat Statistik) Sulut kepada Pemprov Sulut, Bantuan Rp 1 Triliun dari Kementerian Keuangan kepada Bank SulutGo untuk pemulihan ekonomi nasional di Sulut, Penyerahan bantuan dati Biro Kesra kepada LVRI Rp 300 juta.
    Selain itu, penghargaan kepada PNS yang bekerja dari 1993 – 1 Desember 2019, lencana juga diberikan kepada Sekdaprov Sulut Edwin Silangen SE MS, Kepala BPKP Sulut, Kakanwil Kemenag Sulut, penghargaan Gerakan Pramuka pada Asiano Gammy Kawatu SE MSi dan ASN yang baru saja menyelesaikan program Lemhanas 2020; Dr Femmy Suluh MSi dan Dr Lynda Watania MSi.

    Usai pimpin upacara di Kantor Gubernur Sulut, Olly Dondokambey bersama Wakil Gubernur Steven Kandpuw memgikuti peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI yang berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena negara sedang dilanda pandemi Covid-19.
    Semua peserta upacara dibatasi termasuk pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka). Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Presiden RI, Jokowi selaku Inspektur Upacara.

    Semua peserta upacara tetap mengedepankan protokol kesehatan dengan memakai masker, jaga jarak, dan menghidari kerumunan massa untuk memutuskan mata rantai Covid-19.

    Selama ini, peringatan upacara dilaksanakan serentak di setiap daerah. Tapi karena sedang dilanda Covid-19, setiap daerah hanya mengikuti upacara yang berlangsung di Istana Merdeka, secara virtual.

    Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey tampak mengenakan pakaian adat Minahasa bersama Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw mengikuti upacara dari Rudis Gubernuran Bumi Beringin.
    Hadir juga jajaran Forkopimda, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw dan Sekdaprov Edwin Silangen.

    (ADV DKIPS - BAG 1)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ditengah Pandemi, Pemprov Sulut Sukses Gelar Perayaan 75 Tahun Indonesia Merdeka (Bag-1) Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top