• Berita Terbaru

    August 18, 2020

    elnusanews/com , , August 18, 2020

    Upacara HUT RI di Kabupaten Minahasa Sesuai Protokol Kesehatan

    MINAHASA, Elnusanews – Upacara Perayaan Ulang Tahun (HUT) Repoblik Indonesia (RI) di Kabupaten Minahasa Sulawesi Utara (Sulut) pada Senin 17/8/2020 bertempat di Lapangan Manguni dilaksanakan sesuai dengan protocol. Hal tersebut dilakukan guna mencegah penyebaran covid 19. 

    Berbeda dari tahun tahun sebelumnya, akibat dampak pandemi COVID-19, pelakasaan Upacara Bendera sebagai puncak HUT Kemerdekaan RI ini tahun ini tidak melibatkan banyak peserta atau undangan, namun berjalan khusuk, dengan pengibar Bendera Merah Putih hanya tiga orang saja. 


    Bertindak sebagai Inspektur Upacara yakni Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si, dengan Komandan Upacara yakni AKP Lilik Setiono, berasal dari unsur Polres Minahasa, menjabat sebagai Kepala Satuan Sabhara. Pembacaan Teks Proklamasi oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Minahasa Glady E. P Kandouw, SE, yang kemudian diakhiri dengan Pembacaan Doa oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Minahasa Sonya Mongkau, SE. 

    Sementara untuk detik-detik Proklamasi dilakukan serentak secara nasional melalui virtual zoom bersama dari Istana Merdeka Jakarta, dimana Upacara Bendera dari Istana yang dipimpin Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, disaksikan secara virtual oleh Bupati ROR bersama Wakil Bupati Robby Dondokambey, S.Si, MM dan jajaran Pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa. 

    Bupati ROR saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE mengatakan, HUT Kemerdekaan tahun diperingati dalam nuansa berbeda karena pandemi COVID-19. 

    “Upacara HUT Kemerdekaan di seluruh Indonesia harus dilaksanakan secara sederhana namun tetap khidmat, serta wajib memenuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19,” ujar ROR. 


    Meskipun diperingati di tengah situasi pandemi, momentum Kemerdekaan RI hari ini, kata ROR, dapat dimaknai dan dihayati untuk kembali menata peranan, tugas dan kewajiban dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, serta dalam melanjutkan perjuangan para pendahalu untuk mengisi Kemerdekaan di tanah air tercinta. 

    “Tema HUT ke-75 Kemerdekaan RI tahun adalah Indonesia Maju. Indonesia Maju merupakan sebuah representasi dari Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebuah simbolisasi dari Indonesia yang mampu untuk memperkokoh kedaulatan, persatuan dan kesatuan Indonesia,” tukasnya. 

     “Dengan tema Indonesia Maju, diharapkan kita tetap bersatu dalam kehidupan berbangsa, dalam melanjutkan pembangunan daerah, termasuk dalam menghadapi masa-masa sulit seperti halnya masa pandemi COVID-19 yang menjadi tantangan terbesar kita saat ini,” pungkasnya. 

    Dalam Upacara Pengibaran Bendera pagi hari, dirangkaikan dengan penyerahan Surat Keputusan Pemberian Remisi dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, untuk para tahanan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Papakelan Tondano, oleh Bupati ROR didampingi Kepala Lapas, Mulyoko. 


    Turut hadir dalam Upacara Pengibaran Bendera pagi hari yakni, Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi, Kapolres Minahasa AKBP M Denny I Situmorang SIK, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Helbert Andi Amino Sinaga SIP, Kepala Kejaksaan Negeri Minahasa Rahmat Budiman Taufani SH MKn, Ketua TP-PKK Minahasa Fenny Ch. M Roring-Lumanauw, S.IP, Wakil Ketua TP-PKK Martina Dondokambey-Lengkong, para Asisten Sekdakab Minahasa dan jajaran Pejabat Pemkab Minahasa yang ditunjuk, Ketua KNPI Minahasa Rifky Roring, serta Putri Indonesia 2020 Puteri Intelegensia dan Puteri Sosial Media Kepulauan 2020 Desiree M. Roring, S.Sos, mewakili Veteran, juga undangan terbatas lainnya. 


    Kemudian, pada sore harinya, dilakukan Upacara Penurunan Bendera dengan Inspektur Upacara yakni Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, S.Si, MM dan Komandan Upacara yakni Kapten Inf. Dony Lumenta, dari unsur TNI Kodim 1302 Minahasa, menjabat sebagai Pasi Intel. 


    Upacara Penurunan Bendera yang juga dirangkaikan dengan penyerahan sertifikat penghargaan kepada para Pasukan Pengibar Bendera ini, turut dihadiri Ketua DPRD Minahasa Glady Kandouw, SE, Kepala Kejaksaan Negeri Minahasa Rahmat Budiman Taufani, SH, M.Kn, Wakapolres Minahasa Kompol Ahmad Sutrisno, mewakili Kodim 1302 Minahasa, Mayor. Inf. Feky Welang, para Asisten Sekdakab Minahasa dan jajaran Pejabat Pemkab Minahasa. 

    (Jonly Bamz /advetorial)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Upacara HUT RI di Kabupaten Minahasa Sesuai Protokol Kesehatan Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top