• Berita Terbaru

    August 26, 2020

    elnusanews/com August 26, 2020

    Kunker di Kemenkes, Bupati ROR tindak lanjuti permohonan bantuan Laboratorium dan PCR Mobile

    JAKARTA, Elnusanews - Tindaklanjuti Permohonan Bantuan Laboratorium dan PCR Mobile, Bupati Minahasa, Dr. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si melakukan kunjungan kerja di Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI di kawasan Jl. H.R. Rasuna Said Jakarta Selatan, Rabu 26 Agustus 2020. 

    Di Kemenkes, Bupati ROR menemui Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid serta Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BPPSDM) sekaligus Plt Dirjen Pelayanan Kesehatan (Yankes), Prof. dr. Abdul Kadir, Phd, Sp.THT-KL(K). 

    Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk menindaklanjuti permohonan bantuan dari Pemkab Minahasa terkait pengadaan Mobile PCR dan perencanaan Laboratorium RT-PCR serta cartridge untuk alat TCM-TB yang sementara waktu dipinjam bagi pemeriksaan SWAB untuk memeriksa Covid-19. 

    “Selama beberapa bulan ini kita sudah memaksimalkan apa yang menjadi tugas kita terkait penanganan Covid-19 tetapi di Minahasa masih ada juga penambahan kasus positif karena itu kita terus meningkatkan dan secara intens melakukan surveilans baik lewat rapid maupun Swab test,” kata Bupati Roring. 

    Sayangnya, waktu tunggu hasil swab test masih termasuk lama karena memakan waktu dua minggu sampai sebulan sehingga dikuatirkan virus bisa terus menyebar apalagi dari Orang Tanpa Gejala (OTG). 

    “Karena itu kami terus mengupayakan agar ada PCR mobile dan kami bisa mengadakan laboratorium RT-PCR di Minahasa yang permohonannya sudah disampaikan beberapa waktu lalu dan harus ditindaklanjuti,” jelas bupati. 

    Selain itu kepada Plt Dirjen Yankes, bupati menyampaikan program-program kesehatan di Kabupaten Minahasa juga perencanaan program di Tahun 2021 mendatang. Di mana diharapkan akan ada bantuan dan dukungan dari Kemenkes khususnya Dirjen Yankes. (jonly bamz)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kunker di Kemenkes, Bupati ROR tindak lanjuti permohonan bantuan Laboratorium dan PCR Mobile Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top