• Berita Terbaru

    August 31, 2020

    elnusanews/com , August 31, 2020

    Ditengah Pandemi, OD-SK Berkomitmen Menjadikan Masyarakat Sulawesi Utara Sehat, Mandiri dan Berkeadilan


    SULUT,Elnusanews - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut) dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw terus melakukan terobosan disektor kesehatan dalam masa pandemi Covid-19.
    Ketika pandemi datang, Dinas Kesehatan Sulut sebagai garda terdepan mengharuskan untuk alih konsen, apalagi penanganan Covid-19 yang sudah memasuki kurun waktu kurang lebih lima bulan dan hingga saat ini masih berlanjut.
    Dalam situasi sulit seperti ini, Pemprov Sulut tidak berpasrah diri, namun tetap semangat dan bangkit dengan terobosan menggairahkan dengan berbagai langkah yang diambil sehingga tetap eksis dalam program kegiatan yang terencana.
    Balik ke belakang, sektor kesehatan memiliki segudang prestasi yang dicapai sehingga ada pengakuan dan bahkan penghargaan dari pemerintah pusat.
    "Capaian-capaian yang diperoleh dinas kesehatan tentu sangatlah membanggakan kita semua terlebih bagi masyarakat Sulut. Sesuai Data di akhir tahun 2019, Sulut dinobatkan sebagai Provinsi Sehat oleh pemerintah pusat karena 11 dari 15 kabupaten dan kota telah dinyatakan sebagai kabupaten/kota sehat. Catatan itu meningkat tajam dari data 2017 yang baru 6 kabupaten/kota saja", ungkap Olly.
    Komitmen menjadikan masyarakat Sulawesi Utara sehat, mandiri dan berkeadilan dibuktikan dengan getolnya Gubernur Olly mendorong desa untuk memiliki Pos Binaan Terpadu (PosBindu) yang membawa hasil dimana meningkat dari 195 desa (2016) menjadi 896 desa (2019). Begitupun dengan cakupan imunisasi anak yang sukses dari persentase anak usia 0-1 tahun yang mendapat imunisasi dasar lengkap, meningkat dari 80,2% menjadi 94,9% pada 2019.
    Daerah yang eliminasi malaria pun meluas. Sebelumnya ada 2 daerah pada 2016 menjadi 6 kabupaten/kota (2019). Usia harapan hidup meningkat dari 71,02 (2016) menjadi 71,26 (2018).
    Kemudian program prioritas nasional yaitu stunting, Olly-Steven mampu menurunkan prevalensi stunting dari 35 persen (Riskesdas 2013) menjadi 25,5 persen (2018). Ada juga cakupan kesehatan universal atau UHC dari 77,2% menjadi 99,3% pada 2019. Target 95 persen persentase obat dan perbekalan kesehatan di fasilitas kesehatan, mampu terealisasi hingga 105,2 persen.
    Duo top eksekutif Sulut ini sangat concern terhadap kasus kematian Balita dan ibu. Jika pada 2016 tercatat angka kematian Balita sebanyak 266 kasus, justru semakin turun di angka 137 kasus saja pada November 2019.
    Begitu pula dengan angka kematian ibu semakin berkurang dari 54 kasus (2016) menjadi 44 kasus (November 2019).
    Menurut Kepala Dinas Kesehatan provinsi Sulut, dr Debie Kalalo, pergerakan positif tersebut sangatlah dipengaruhi oleh program Pemprov Sulut melalui kebijakan Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw.
    Perbaikan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan fasilitas kesehatan sangat jelas seperti terlihat dari 195 Puskesmas yang telah terakreditasi. Jika 2016 hanya 20 Puskesmas, justru tahun 2019 meningkat tajam hingga 91,2 persen Puskesmas terakreditasi.
    Kemudian fasilitas kesehatan rujukan, yang telah mencapai 87,2 persen RS terakreditasi. Jika pada 2016 hanya 11 RS terakreditasi, meningkat jadi 41 RS terakreditasi pada 2019.
    Tak berhenti di situ, Gubernur Olly terus menghadirkan berbagai inovasi demi peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang dapat dilihat. Mulai dari menghadirkan layanan RS Kelas B sebagai pusat rujukan; Pengembangan RS Mata sebagai pusat rujukan kesehatan mata Indonesia bagian timur; Pembangunan RS Jiwa sebagai pusat rujukan kesehatan jiwa di Indonesia bagian timur; Sampai pada pengembangan RSUD Noongan sebagai RS rujukan regional; dan Pengembangan RSUD Bitung.
    Bantuan pembangunan RSUD Kota Kotamobagu sebagai RS rujukan regional; Juga telah menghadirkan pelayanan klinik mata; Pengembangan Poliklinik Kantor Gubernur menjadi Klinik Pratama; ada juga pelayanan Kegawatdaruratan Terpadu lewat PSC 119; Pelayanan pengaduan HALO SEHAT 1500-568; Termasuk tersedia informasi publik tentang kesehatan melalui layanan Radio Streaming Suara Sehat Sulut.
    "Keberhasilan dan kontribusi Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dalam bidang kesehatan telah mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat juga dalam bentuk penghargaan di antaranya: Pencapaian tertinggi untuk indikator janji presiden program P2P dalam indikator suspek malaria yang dikonfirmasi dan kasus malaria positif yang diobati sesuai standar tahun 2016; Pencapaian kinerja terbaik program penanggulangan TB 2016; Mendapatkan sertifikasi dari eleminasi malaria untuk dua kabupaten/kota di Sulawesi Utara yakni, Kota Tomohon dan Kabupaten Minahasa; Juara II lomba website antar Dinas Kesehatan Provinsi ditingkat nasional; Mendapatkan tatanan kawasan sehat untuk kabupaten/kota (Minahasa Utara, Bolaang Mongondow Utara, Minahasa Tenggara, Kotamobagu, Bitung dan Tomohon); Terakreditasinya RSUD Noongan Versi 2012 oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit; Diterbitkannya sertifikat tanah oleh badan pertanahan; Juara IV Hospital Family Planning Project PERSI Award-IHMA," urai Kalalo.
    Kendati diakui bekerja di masa pandemi Covid-19 saat ini gampang-gampang susah, apalagi di sektor kesehatan yang terbagi fokus untuk penanganan pandemi sebagai garda terdepan tapi di sisi lain ada tugas protap yang harus dilakukan, namun patut disyukuri sebelum pandemi melanda, Pemprov Sulut melalui dinas kesehatan telah menunjukkan banyaknya prestasi yang dicapai.
    Gubernur Olly dalam berbagai kesempatan mengingatkan janganlah karena pandemi kita menjadi lemah, tapi kita harus menjadi kuat dan lawan dengan penuh optimisme dan kerja keras.
    "Saya apresiasi dengan prestasi yang dicapai di sektor kesehatan, bahkan penghargaan yang didapat selama ini. Dan tentu bukan hanya prestasi pembangunan non fisik saja tapi harus seimbang dengan pembangunan Fisik", ujar Olly.
    Diketahui Pembangunan RSUD Provinsi Sulut dan Pembangunan RS Mata saat ini sedang berjalan, bahkan dipacu untuk penyelesaiannya.
    Tentu semuanya untuk masyarakat, agar nantinya pasien dapat menikmati Gedung yang luas, fasilitas memadai, dengan pelayanan prima yang ramah dari petugas kesehatan, dan pasti memuaskan. (ROKER/*)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ditengah Pandemi, OD-SK Berkomitmen Menjadikan Masyarakat Sulawesi Utara Sehat, Mandiri dan Berkeadilan Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top