• Berita Terbaru

    August 18, 2020

    elnusanews/com August 18, 2020

    Momentum HUT RI Ke-75, Braien Waworuntu Dorong Pemprov Carikan Solusi Untuk Petani Cengkeh



    DEPROV,Elnusanews -- Anjloknya harga komoditas cengkeh di Sulawesi Utara (SULUT) dinilai sangat merugikan petani khususnya disentra sentra produksi seperti di Minahasa dan Minahasa Selatan. 

    Harga pasaran di tingkat petani saat ini yang berkisar 47.000-50.000/ kg cengkeh kering l. Hal ini tentunya dinilai petani sangat tidak seimbang dengan biaya produksi.

    “Kami masyarakat sangat berharap kepada pemerintah agar segera mencari solusi cepat terkait permasalahan merosotnya harga cengkih, apalagi dimasa pandemi covid-19 ini, masyarakat yang kesehariannya bekerja sebagai petani cengkih sangat bergantung dari hasil panen cengkih. Hari ini juga adalah hari kemerdekaan republik Indonesia yang ke-75 tahun, tapi kami belum merasakan kemerdekaan disegi harga cengkih,” ujar Welly petani asal Sonder Minahasa.

    Menindaklanjuti hal tersebut, Ketua Komisi IV DPRD Sulut, Braien Waworuntu mengatakan bahwa jeritan petani cengkeh harus disikapi serius pemerintah untuk dicarikan solusi dengan upaya-upaya strategis untuk memperbaiki harga pasaran.

    “ Ini sudah sangat emergency, pemerintah harus segera berupaya mencari solusi terbaik mendengarkan keluhan dan jeritan petani, apalagi banyak petani yang membutuhkan biaya pendidikan bagi anak-anak mereka saat ini. Yang paling utama, pemerintah harus secepatnya mencari cara mengembalikan harga cengkih agar kembali normal,” pungkas BW. (RaKa)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Momentum HUT RI Ke-75, Braien Waworuntu Dorong Pemprov Carikan Solusi Untuk Petani Cengkeh Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top