• Berita Terbaru

    August 05, 2020

    elnusanews/com August 05, 2020

    Soal Aspirasi Mahasiswa PPDS. Ini Hasil Kunker Komisi IV DPRD Sulut Ke Kemendikbud RI



    DEPROV,Elnusanews -- Menindaklanjuti hasil hearing dengan Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) Manado beberapa waktu lalu, Komisi IV DPRD Sulut melakukan Kunjungan kerja ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dalam rangka konsultasi dan koordinasi terkait keringanan uang kuliah bagi mahasiswa PPDS. Rabu (5/08/20) siang.

    Kunjungan kerja Komisi IV DPRD Sulut diterima oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, diruangan kerja Lt. 9 Kemendikbud.

    Dikatakan personil Komisi IV Melky Jakhin Pangemanan (MJP), dalam pertemuan tersebut beberapa hal yang disampaikan oleh Komisi IV DPRD Provinsi Sulut, diantaranya, Komisi IV DPRD Provinsi Sulut meminta Kemendikbud RI untuk memberikan keringanan uang kuliah bagi mahasiswa PPDS Universitas Sam Ratulangi Manado.

    "Komisi IV DPRD Provinsi Sulut telah melakukan pertemuan dengan pihak kampus Unsrat terkait permintaan keringanan uang kuliah bagi mahasiswa PPDS. Saat ini rentang uang kuliah bagi PPDS berdasarkan PMK mulai Rp. 11.000.000 - Rp. 36.000.000. Rata-rata mahasiswa PPDS Unsrat dikenakan uang kuliah sebesar Rp. 24.000.000," kata MJP

    Lanjut kata MJP, dimasa pandemi, mahasiswa PPDS merasa uang tersebut memberatkan perekonomian mereka dan perkuliahan sebagian besar dilakukan secara virtual, oleh karena itu diharapkan agar kampus dapat menetapkan uang kuliah pada batas terendah. 

    "Dalam pertemuan dengan Komisi IV DPRD Sulut, pihak rektorat Unsrat mengatakan bahwa mereka kesulitan untuk memberikan keringanan jika tidak ada landasan hukum dan arahan dari Kementerian, karena menurut pihak Rektorat Unsrat uang kuliah bagi mahasiswa S1 maupun S2, S3 dan PPDS harus di konsultasikan dahulu ke Kementerian. Komisi IV DPRD Provinsi Sulut melalui pertemuan dengan Ditjen Dikti berharap dapat mencari solusi atas permasalahan uang kuliah mahasiswa PPDS Unsrat," paparnya

    Politisi PSI Sulut ini juga berharap dalam pertemuan ini dapat diperoleh surat edaran atau dokumen sejenisnya dari Kemendikbud/Ditjen Dikti dalam bentuk penegasan yang dapat dibawa untuk menjadi bahan dalam pertemuan selanjutnya antara Komisi IV dengan Rektorat Unsrat untuk menyelesaikan permasalahan uang kuliah PPDS Unsrat.

    Adapun penjelasan atau pokok pembahasan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dijelaskan MJP adalah sebagai berikut :

    - Perwakilan Ditjen Dikti menyambut baik aspirasi mahasiswa PPDS Unsrat yang disampaikan oleh Komisi IV DPRD Sulut dan berharap dapat memberikan jawaban atau solusi atas permasalahan yang disampaikan.

    - Kemendikbud RI pada prinsipnya telah mengeluarkan Permendikbud Nomor 25 Tahun 2020 terkait mekanisme keringanan uang kuliah bagi mahasiswa Diploma dan Sarjana. Keringanan uang kuliah bagi mahasiswa Pascasarjana ataupun PPDS dapat dilakukan berdasarkan pertimbangan Perguruan Tinggi masing-masing dan diputuskan oleh rektor perguruan tinggi tersebut.

    - Sesuai dengan amanat UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi Kemendikbud bahwa penetapan UKT bagi mahasiswa Diploma dan Sarjana berdasarkan usulan dari perguruan tinggi, sedangkan uang kuliah bagi mahasiswa pascasarjana ataupun PDDS diatur dalam perguruan tinggi masing-masing.

    - Unsrat merupakan salah satu PTN BLU dimana uang kuliah bagi mahasiswa PPDS diatur secara Khusus dalam Peraturan Keuangan Menteri.

    - Berdasarkan PMK Nomor 19/PMK.05/2019 tentang Tarif Layanan Badan Layanan Umum Universitas Sam Ratulangi Manado pada pasal 5 ayat 2 mengatakan bahwa ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara pengenaan tarif program sarjana jalur mandiri dan tarif program Pascasarjana, Profesi, dan Spesialis sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur oleh rektor Badan Layanan Umum Universitas Sam Ratulangi Manado pada Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

    - Tarif layanan akademik untuk jenis layanan biaya pendidikan program spesialis terdapat pada lampiran PMK Nomor PMK 19/MPK.05/2019.

    - Saat ini sedang dipersiapkan surat edaran kepada PTN terkait keringanan kepada PTN terkait dengan keringanan UKT.

    - Perlu Kami sampaikan juga bahwa DItjen Dikti memiliki kerjasama dengan perusahaan telekomunikasi dan penyediaan paket internet terjangkau bagi mahasiswa semasa pandemi. Paket ini dapat diakses melalui perguruan tinggi masing-masing.

    - Ditjen Dikti juga mempunyai program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang mana kegiatan mahasiswa yang bersifat akademik dapat diakui sebagai perolehan SKS. Pedoman lebih lanjut mengenai MBKM ini dapat diakses melalui situs Kementerian. (RaKa)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Soal Aspirasi Mahasiswa PPDS. Ini Hasil Kunker Komisi IV DPRD Sulut Ke Kemendikbud RI Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top