• Berita Terbaru

    April 07, 2022

    elnusanews/com April 07, 2022

    Pemkot Bitung Pelajari Sistem Pengeloaan Sampah di Mojokerto


    BITUNG, Elnusanews - Wali Kota Bitung Ir. Maurirs Mantiri (MM) didampingi Kadis DLH dan Kadis PUPR, melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Karangdiyeng Kota Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (6/4/2022), kemarin.

    Kedatangan Maurits Mantiri diterima langsung Ketua Komisi II DPRD Mojokerto, Achmad Anwar.

    Tiba di lokasi TPA Karangdiyeng, Maurits Mantiri mengagumi inovasi pengolahan sampah yang dilakukan kelompok petani yang tergabung dalam masyarakat sejahterakan petani.

    Rupanya, pengolahan sampah di lokasi itu dipadukan dengan pertanian. Dengan nama program pertanian terpadu berbasis sampah kota dengan memanfaatkan magot.

    Menurutnya, di TPA Karangdiyeng ada dua manfaat yang didapatkan dari pengolahan sampah, yakni sampah non organik diolah menjadi paving blok dan genteng.

    “Sampah organik diolah jadi biokonversi magot dan ini yang menarik karena bisa diterapkan di TPA Aertembaga Kota Bitung.”kata Mantiri.

    Lagipula, ditambahkannya, budidaya magot tidak begitu sulit untuk dikembangkan, mengingat magot berkembang biak dengan alami di alam, sehingga mudah untuk mendapatkannya.

    Magot bertahan hidup pada lingkungan tropis maupun subtropis sehingga, potensi mengembangkannya sangat mudah dilakukan di Indonesia, termasuk Kota Bitung yang memiliki iklim tropis.

    ”Untuk mendatangkan magot pada dasarnya cukup mudah. Makanya, setelah Kunker ini, kami selaku Pemkot Bitung akan mengirim utusan untuk mengikuti pelatihan di TPA Karangdiyeng.”tandasnya.

    Perlu diketahui, manfaat dari magot ini bisa diaplikasikan sebagai pakan ternak dan juga pakan ikan peliharaan karena tinggi protein. (*)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pemkot Bitung Pelajari Sistem Pengeloaan Sampah di Mojokerto Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top