• Berita Terbaru

    November 11, 2022

    elnusanews/com November 11, 2022

    Profesionalisme Jurnalis di Era 4.0, PWI Minsel Laksanakan Workshop Pelatihan


    MINSEL, Elnusanews- Guna memberikan edukasi/ pemahaman sebagaimana tugas pokok dan fungsi (Tupoksi), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Minahasa Selatan melaksanakan kegiatan Workshop pelatihan jurnalis.

    Kegiatan yang mengusung tema" Profesionalisme Jurnalis di Era Digital 4.0", berlangsung di aula Mapolres Minahasa Selatan pada Jumat, 11 November 2022.

    Adapun narasumber dalam pelatihan ini yakni Pemkab Minsel, Polres, Kejari serta Ketua PWI Propinsi Sulawasi Utara.

    Ketua PWI Sulut, Vouke Lontaan menyampaikan bahwa sesungguhnya tugas awak media sangat mulia, dimana pers memiliki tanggung jawab yang sangat besar sebagai agen kebudayaan. Pers juga menentukan kemana sebuah peradaban akan dibawa. Karena itu peran pers dalam membawa informasi yang baik harus terus dilaksanakan.

    Sebagai pilar demokrasi keempat, pers secara konsisten telah mewartakan kerja pemerintah, memberi dukungan dan memberikan masukan dan kritik baik, kritik pedas, maupun kritik biasa," ucap Lontaan.

    Dalam menjalankan fungsi pers, lanjut Vouke, wajib mentaati Kode Etik Jurnalistik dimana harusI ndependen, akurat, berimbang, dan tidak beritikad buruk, Profesional, hormati hak privasi, tidak menyuap; berita faktual dan jelas sumbernya, tidak plagiat (UU NO. 40 Tahun 1999), ucapnya.

    Kembali ditegaskannya, sesuai AD/ART PWI, anggota PWI yang menjalankan dua organisasi berbeda wajib mengundurkan diri.

    "Sekali lagi dengan tegas saya melarang pengurus maupun anggota PWI yang merangkap menjadi pengurus atau anggota LSM. Kalaupun ditemukan akan mendapat sanksi tegas berupa pencabutan hak Kartu Tanda Anggota (KTA) PWI. Sembari berpesan kepada pengurus PWI Minahasa Selatan, nantinya ketika melakukan perekrutan anggota baru harus benar-benar teliti", pungkasnya.

    Ketua PWI Minahasa Selatan, Maurien Winerungan, mengatakan pelatihan jurnalis ini sangat penting dilakukan guna menambah pengetahuan serta wawasan sebagaimana peran yang melekat.

    "Tentunya kami mengucapkan terimakasih kepada Polres Minsel yang sudah mensponsori serta memfasilitasi kegiatan workshop PWI ini sehingga bisa terlaksana dengan baik. Pun Terimakasih juga kami sampaikan kepada seluruh narasumber, Pemkab Minsel dalam Hal ini Diskominfo ,Kejari ,Dan Ketua PWI Sulut pemberi materi pelatihan juga teman-teman wartawan yang ikuti serta dalam kegiatan ini. Kedepannya, PWI akan meningkatkan profesionalisme, memperkuat kemitraan, sinergi aktif dengan pihak pemerintah daerah, Kepolisian dan instansi terkait lainnya," pungkasnya.


    (Rela)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Profesionalisme Jurnalis di Era 4.0, PWI Minsel Laksanakan Workshop Pelatihan Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top