• Berita Terbaru

    October 04, 2023

    elnusanews/com , October 04, 2023

    Hadiri Rakornas P2DD, Caroll Senduk Ungkap Pemkot Tomohon Terus Berionovasi Untuk Pemanfaatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah



    TOMOHON,Elnusanews-  Walikota Tomohon Caroll J.A. Senduk, SH menghadiri acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) yang dilaksanakan pada Selasa, 3 oktober 2023 bertempat di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.

    Rakornas ini merupakan forum tertinggi koordinasi percepatan dan perluasan digitalisasi daerah yang diikuti oleh Menteri/Pimpinan lembaga anggota satgas P2DD, serta Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah seluruh Indonesia.

    Adapun Tema r
    Rakornas: "sinergi nasional akselerasi digitalisasi daerah untuk indonesia maju"

    Rakornas dibuka menteri koordinator perekonomian RI Airlangga Hartarto. Turut hadir juga Menteri Keuangan RI Sri Mulyani dan menteri komunikasi dan informatika RI Budi Arie Setiadi.

    Walikota Tomohon Caroll Senduk, ketika dikonfirmasi terkait Rakor tersebut  mengungkapkan sesuai amanat Kepres No. 3 Tahun 2021, P2DD bertujuan untuk mendukung tata kelola keuangan melalui elektronifikasi transaksi pemerintah daerah untuk kegiatan transaksi belanja dan pendapatan daerah, serta pembayaran di masyarakat secara non tunai yang berbasis digital.

    "Pemkot Tomohon mendukung upaya-upaya Satgas P2DD, hal ini dibuktikan dengan fakta bahwa hampir semua transaksi pendapatan dan belanja daerah sudah digital. Kecuali untuk pembayaran retribusi yg masih dalam proses," kata Walikota Caroll Senduk itu.

    Lanjut Walikota Caroll Senduk, seperti yang disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Rapat Koordinasi Nasional Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah Satgas P2DD dibentuk pada 4 Maret 2021. Satgas dibentuk dalam rangka mempercepat dan memperluas implementasi elektronifikasi transaksi pemerintah (ETP) daerah. Karena elektronifikasi di daerah telah berkontribusi meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

    “Pak Menko berharap P2DD dapat memperluas kerja sama pemerintah daerah dengan marketplace untuk pembayaran pajak. Bahkan dari data yang disampaikan Pak Menko bahwa target pemerintah 75 persen untuk pemanfaatan dan perluasan digitalisasi bisa tercapai. Jumlah pemerintah daerah yang melakukan pemanfaatan dan perluasan digitalisasi terus tumbuh,” jelas Caroll Senduk menyampaikan sambutan yang disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

    Turut mendampingi Walikota Tomohon, Kabag Prokopim Setdakot Tomohon Christo kalumata, SSTP.

    (ROKER)





    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Hadiri Rakornas P2DD, Caroll Senduk Ungkap Pemkot Tomohon Terus Berionovasi Untuk Pemanfaatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top