• Berita Terbaru

    October 12, 2023

    elnusanews/com , October 12, 2023

    Tingkatkan SDM Pariwisata, Disparda Tomohon Gelar Pelatihan Excellent Service



    TOMOHON,Elnusanews - Untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM) dalam bidang Pariwisata, maka Dinas Pariwisata Daerah Kota Tomohon menggelar Pelatihan Execelent Service, bertempat di Wise Hotel, Kamis (12/10/2023).

    Pelatihan Excellent Service tersebut, Dinas Pariwisata Daerah Kota Tomohon menghadirkan narasumber Ketua TP-PKK Kota Tomohon yang juga selaku Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan, drg Jeand’arc Senduk Karundeng dan Sigit Budiarso selaku
    GM Tateli Mercure Hotel dan Resort Manado.

    Kegiatan tersebut dibuka oleh Asisten II Setdakot Tomohon Lily Solang mewakili Walikota Tomohon, yang turut dihadiri oleh  Kadisparda Tomohon Yudisthira Siwu dan para pelaku ekraf yang ada di Kota Tomohon dan utusan di setiap Kelurahan se Kota Tomohon.

    Pada kesempatan itu, Lily Solang membacakan sambutan Walikota Tomohon menyampaikan keragaman budaya telah menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat pecibta seni budaya yang kemudian menjadikan Kota Tomohon sebagai salah satu destinasi wisata prospektif untuk pengembangan berkelanjutan kepariwisataan di Kota Tomohon, selain ketersediaan SDM yang juga berkontribusi dalam pemanfaatan semua sumber daya yang ada.

    "Kita berpegang pada prinsip, bagus saja tidak cukup. Kita Harus memotivasi dan menantang diri untuk selalu mendorong pada pencapaian-pencapain yang lebih baik dengan standar yang lebih dari pencapaian sebelumnya. Sumber daya manusia dan sumber daya alam perlu berintegrasi untuk memberikan hasil yang sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat. Hal ini sebagai salah satu bentuk komitmen dan keseriusan pemerintah dalam menggenjot program-program pro rakyat yang bertujuan mensejahterakan rakyat," bebernya.

    Terkait pelatihan hari ini kata Walikota Caroll Senduk, kutip Lily Solang menyambut baik karena melalui pelatihan excellent service, pemerintah berusaha mengakomodir dan berupaya meningkatkan profesionalisme dan pelayanan prima bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kota Tomohon.

    "Pelatihan ini pada dasarnya merupakan pembekalan untuk mempromosikan potensi wisata dan representasi masyarakat Kota Tomohon," ucap Solang.

    Lanjutnya, pelayanan yang prima menjadi kewajiban bagi setiap orang yang terlibat secara langsung dalam industri wisata sebagaimana diisyaratkan dalam sapta pesona yaitu ramah dan kenangan. Dengan menciptakan hospitality dan membiasakan diri untuk bersikap ramah pada pengunjung, secara otomatis kita telah memberikan kenangan yang baik para pengunjung.

    "Untuk itu, saya mengimbau kepada semua pihak yang terundang dalam kegiatan ini agar mengambil manfaat yang sebesar-besarnya dari kegiatan ini sehingga menjadi kekuatan bagi pengembangan kepariwisataan Kota Tomohon menjadi lebih kompetitif dan berdaya jual tinggi," tutur Walikota Caroll Senduk kutip Lily Solang mengakhiri sambutan.

    Sementara itu, Ketua TP-PKK Tomohon drg Jeand’arc Senduk Karundeng berharap dengan ada pelatihan Excellent Service ini dapat meningkatkan kapasitas para pelaku ekraf yang ada di Kota Tomohon lebih khusus lagi kepada para utusan di setiap kelurahan yang ada di Kota Tomohon.

    "Kedepan saya berharap kepada para pelaku UKM yang ada di Kota Tomohon dapat meningkatkan usaha melalui execelent servis yang berkualitas. Pesan saya agar para peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik. Dan mengaplikasikan materi yang didapat dalam pelatihan ini," tandasnya.

    Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Daerah Kota Tomohon Judisthira Siwu menyatakan Pelatihan Execellent Service ini dilakukan untuk memperkuat pelayanan bagi setiap pelaku  ekonomi kreatif pariwisata yang ada di Kota Tomohon, hingga memberikan kesan baik dan ramah terhadap pengunjung.

    (roker)








    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tingkatkan SDM Pariwisata, Disparda Tomohon Gelar Pelatihan Excellent Service Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top