• Berita Terbaru

    October 13, 2023

    elnusanews/com October 13, 2023

    Ketua DPRD Tomohon Beberkan Kronologis Terkait Rolling AKD



    TOMOHON,Elnusanews - Ketua DPRD Kota Tomohon Jemmy J Sundah akhirnya angkat bicara polemik yang terjadi terkait masalah Rolling Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

    "Jadi, kalau kaitan dengan persoalan yang ada saat ini di Kota Tomohon. Saya mau menuturkan kronologis ceritanya begini, jadi diawali dengan adanya Rolling AKD tersebut itu diawali dengan ada surat masuk partai Golkar yang mana tiga (3) yakni Mono Turang, Santi Runtu, setelah itu dari partai gerindra pindah ke fraksi partai golkar dan pak James Kojongian itu mencalonkan ke partai PDIP. Tentunya, dari partai golkar menyurat untuk dibacakan ke paripurna. Jadi, surat yang disampaikan itu bahwa mengeluarkan tiga (3) ini dari semua alat kelengkapan. Dan juga dikeluarkan dari fraksi sehingga jadi polemik di kantor waktu itu tanggal 23 Mei 2023. Itu kita membuat surat mengundang seluruh pimpinan dan pimpinan fraksi lakukan konsultasi ke pihak Kemendagri. Karena surat dari fraksi partai golkar waktu lalu bahwa memberhentikan dan memintakan semua hak-hak keuangan, ada dua materi waktu itu. Jadi, saat konsultasi ke pihak Kemendagri tanggal 23 Mei tersebut kaitan AKD itu sebenarnya clear dan tak ada masalah. Itu hak sepenuhnya dari fraksi. Tapi, dengan catatan itu tak boleh dikeluarkan dari fraksi. Karena di tata tertib (Tatib) semua anggota DPRD harus masuk dalam salah satu fraksi. Sedangkan, kalau di AKD terserah fraksi. Fraksi mau drop atau tidak terserah fraksi," bebernya, Jumat (13/10/2023) kepada media.

    Lanjut dijelaskannya, pada tanggal 26 Juli 2023 lalu munculah surat pembaharuan dari fraksi partai golkar. Dengan menarik surat yang pertama dan masuk surat yang kedua itu.

    "Dan itu sudah drop. Drop di alat kelengkapan. Mereka tak juga mengeluarkan di fraksi, masih tetap masuk dalam fraksi. Dan di paripurnakan pada tanggal 26 Juli 2023, saat itu juga ada paripurna untuk pengusulan pemberhentian Wakil Walikota Tomohon. Jadi, cuma dua surat saat itu yang dibacakan yakni pembacaan surat dari fraksi partai golkar dan pengusulan pemberhentian Wakil Walikota Tomohon," tandasnya.

    (roker)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ketua DPRD Tomohon Beberkan Kronologis Terkait Rolling AKD Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top