• Berita Terbaru

    July 28, 2020

    elnusanews/com July 28, 2020

    Mantiri Kagum Warga Pinokalan Bergeliat Urban Farming

    BITUNG, Elnusanews - Ir. Maurits Mantiri, MM Wakil Walikota (Wawali) Bitung kagum dengan warga yang bergeliat dengan Urban Farming. Urban Farming atau berkebun di tengah perkotaan, kini menjadi tren gaya hidup kota-kota besar di Dunia.

    Wawali mendatangi sabuah pemukiman warga di Kelurahan Pinokalan Kecamatan Ranowulu Kota Bitung yang melakukan panen perdana sejumlah tanaman.

    "Saya heran, kenapa bisa tumbuh subur di tengah waktu tanah cuaca panas. Ini patut di apresiasi ada anak muda yang tidak menyerah dengan jaman, berani mengambil langkah maju untuk memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam Pakcoy, Cabe, Kubis, Kangkung, Daun Bawang, dan terong," tutur Maurits kepada wartawan, Senin (27/7/2020), kemarin.

    Sosok pemuda itu bernama Salomo Karundeng (29), berani berinovasi dan tidak menyerah dengan keadaan zaman saat ini memilih melakukan urban farming di pekarangan rumah.

    Wawali berharap anak muda ini terus giat menanam guna mendatangkan manfaat bagi dirinya seperti mengembangkan ekonominya. 

    Menyulap lahan di sekitar rumah atau halaman, balkon dan atap untuk urban farming.

    Karena hasilnya dapat mendukung ketahana pangan dan mencukupi ketersediaan bahan makanan.

    "Geliat urban farming sangat tepat dan cocok di lakukan masyarakat di tengah Pandemi Covid 19 atau melakukan aktifitas dari rumah saja," tandasnya.

    Salomo Karundeng sosok yang menggeluti urban farming, menamai lahannya dengan nama 'Salomo Karundeng Farm' sangat bersyukur atas panen perdana ini.

    Pemuda ini tak lupa mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

    "Saya belum memikirkan keuntungan, dari hasil panen perdana. Nantilah dipanen  berikut, karena hasil panen ini sebagian besar saya persembahkan untuk Tuhan melalui hamba Tuhan yang ada,"kata Salomo.

    Salomo juga mengatakan ide untuk bertani dengan metode urban farming didapat dari melihat youtube, memanfaatkan pekarangan rumah karena saya tidak memiliki lahan kebun.

    Adapun untuk teknik menanam ini dia pelajari secara otodidak melalui artikel yang dibaca di google ataupun melihat video di youtube.

    "Saya berterima kasih kepada Pak Wakil Walikota Bitung yang rela datang ikut dalam panen perdana dan saya sangat bahagia ternyata bapak mengajak saya duduk diskusi tanpa merasa adanya jarak diantara kami,"tandasnya.(Rego)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Mantiri Kagum Warga Pinokalan Bergeliat Urban Farming Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top